Monday 23 December 2013

Cek Hasil TKD CPNS 2013 Secara Online



Surat Edaran Kemenpan-RB Pengumuman Hasil
TKD CPNS 2013
Kabar Kalsel - Pengumuman Kelulusan Tes PNS 2013 tinggal menghitung hari, berdasarkan surat edaran Kemenpan, pengumuman kelulusan Tes Seleksi CPNS 2013 akan dilaksanakan serentak di daerah tanggal 24 Desember 2013. Pejabat dari provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Riau, dan Sumatera Utara sempat mengembalikan paket yang diserahkan oleh Pansel. Para pejabat dari masing-masing provinsi itu menginginkan pusat mengumumkan terlebih dahulu karena tidak ingin mengambil resiko kemungkinan di demo oleh peserta tes. Karenanya ada kemungkinan pengumuman di umumkan lebih dahulu oleh pusat baru selanjutnya di umumkan oleh daerah.
Cara Mengecek daftar peserta yang lulus Tes CPNS 2013 secara online adalah dengan mengakses situs http://sscn.bkn.go.id/ActionServlet?page=hasil, caranya dengan memasukan nomor registrasi di kolom pencarian. Fungsi pencarian hasil TKD peserta cpns 2013 akan dibuka ketika pengumuman resmi di terbitkan. 
Berdasarkan info dari situs resmi pemerintah Kalimantan Selatan, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan telah menerima Hasil Tes Kompetensi Dasar  Seleksi CPNS dari Pelamar Umum Untuk Provinsi Kalsel, Kamis 19 Desember 2013. 
Penyerahan hasil TKD ini dilakukan di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara di Jakarta, berbarengan juga dengan penyerahan hasil bagi seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.
Adanya potensi kisruh saat pengumuman hasil TKD CPNS 2013, membuat beberapa daerah tidak akan mengumumkan hasil TKD tersebut sebelum pusat mengumumkannya terlebih dahulu. Untuk itu, bagi anda yang ingin segera mengetahui informasi Hasil TKD CPNS 2013 tidak ada salahnya cek di situs BKN karena ada kemungkinan lebih dulu dibandingkan daerah.
Sumber :
http://www.kabarkalsel.info/2013/12/cek-hasil-tkd-cpns-2013-secara-online.html#_



 Facebook 

BKD Kotabaru

Informasi untuk seluruh PNS :
Kamis, tanggal 19 Desember 2013, Pukul 12.25 WIB, Wakil Ketua DPR RI Pramono Anung Wibowo akhirnya ‘mengetok palu’ mengesahkan Rancangan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN) menjadi Undang-Undang dalam sidang Paripurna. Hal tersebut dilakukan setelah anggota DPR RI yang hadir menyetujui RUU ASN itu untuk disahkan menjadi Undang-undang.
Berita selengkapnya dapat dibaca disini : http://bkn.go.id/in/berita/2606-ketok-palu-ruu-asn.html dan RUU ASN yang baru saja disahkan dapat di download di sini : http://bkn.go.id/attachments/2606_RUU%20ASN%20Yang%20Disahkan.pdf





Saturday 21 December 2013

Bahan Materi UAS

JADWAL FINAL TEST
UJIAN AKHIR SEMESTER
KELAS H2 PRODI PLB
SEMESTER 1
FKIP UNLAM BANJARMASIN


JUM'AT 27 DESEMBER 2013
13.00 - 15.00 ABK (R2 PLB)
15.00 - 16.30 Psikologi Perkembangan (R2 PLB)
16.50 - 18.10 Bahasa indonesia (R2 PLB)

SABTU, 28 DESEMBER 2013
08.00 - 09.30 Pendidikan Agama (Aula)
09.30 - 11.00 Pengantar Pendidikan (Aula)
11.00 - 12.30 Pancasila (Aula)
13.30 - 15.00 IAD (Aula)

Pakaian Hitam Putih
Baju warna Putih
Celana Hitam


BAHAN MATERI UAS

silakan download pada link berikut ini:

 JUM'AT, 27 DESEMBER 2013
  Pendidikan ABK
  Psikologi Perkembangan
  Bahasa indonesia

SABTU, 28 DESEMBER 2013
  Pendidikan Agama
  Pengantar Pendidikan
  Pancasila
  IAD

Kumpulan resensi Novel

RESENSI NOVEL LABIRIN RASA : SEBUAH LABIRIN KE”BERANI”AN






Judul               :           Labirin Rasa
Penulis            :           Eka Situmorang-Sir
Penerbit         :           Wahyumedia
Tahun             :           2013
Hal                  :           394 hal
Sinopsis          :
Berawal dari rasa stres Kayla Ayu sang gadis tomboy atas nilai semester kuliahnya yang jeblok dan kekecewaan orang tuanya, Kayla lalu berlibur ke tempat kakek neneknya di Yogyakarta. Di dalam kereta, Kayla berkenalan dengan seorang pria tampan bernama Ruben. Di kota ini juga, Kayla mendapat “pesan” tersirat dari almarhum kakeknya tentang akan hadirnya seorang Pangeran Fajar dalam hidupnya. 
Dari tempat ini, petualangan Kayla pun berlanjut ke beberapa destinasi wisata di tanah air. Dalam petualangan itu, Kayla juga sekaligus melakukan pencarian sang Pangeran Fajar, yang mempertemukannya dengan beberapa pria tampan lain selain Ruben, yaitu Dani, David, dan Patar, serta seorang gadis lesbian bernama Chyntia.
Lalu, berhasilkah Kayla menemukan sang Pangeran Fajar, dan siapakah gerangan sosok tersebut?

Sisi positif novel ini adalah tampilnya deskripsi objek-objek wisata di tanah air yang menjadi tempat persinggahan Kayla mulai dari Yogyakarta, Malang, Bali, Lombok, Makassar hingga Medan, dalam penceritaan yang cukup detail, sesuai dengan hobi penulisnya yang penyuka travelling. Penuturan yang ringan dan lincah serta diselingi humor membuat novel ini cukup menghibur. Juga adanya quote-quote manis di setiap awal bab turut memberi warna yang romantis. Saya kutip salah satunya :
“Jatuh cinta itu nggak perlu rumus. Cukup dua hati yang berpendar penuh rasa.”
Di luar hal tersebut, sebagai sebuah novel pertama dari penulisnya, novel ini benar-benar tampil “apa adanya” sebagai sebuah novel pertama, ditandai dengan typo yang bertebaran, inkonsistensi penggunaan lo-gue-aku-kamu, pilihan karakter mainstream untuk para tokoh pria yang serba tampan, gagah dan seksi, tertukarnya sebutan nama tokoh Ruben dan Patar (hal.259), ritme plot dan alur yang labil, juga proses chemistry antar tokoh yang tiba-tiba. Semua unsur yang tentunya masih dapat berproses menjadi lebih baik.
Lantas, sesuai judul resensi ini, di mana letak ke”berani”an novel ini?

Bahwa sejak redupnya era sastra wangi, menjadi sebuah ke”berani”an saat menampilkan novel ini dengan meloloskan kosakata-kosakata dan adegan sensual yang sebenarnya hanya layak ditampilkan pada novel dengan label novel dewasa, dan bukannya label populer seperti novel ini. 

Satu pertanyaan, jika semua kosakata tersebut bisa tampil “bebas”, meski tidak diikuti oleh pendeskripsian yang bebas juga untuk merujuk pada masing-masing maknanya, kenapa kosakata f**k yang kurang lebih berkonotasi sama, masih memerlukan bintang-bintang saat dituliskan dalam novel ini?
Andai ke”berani”an ini dimaksudkan untuk menghidupkan kembali sastra wangi dalam tampilan yang lebih pop dan segar, maka dengan pilihan kata dan pola deskripsi adegan-adegan tersebut dalam novel ini, justru yang terbentuk adalah visualisasi film komedi lokal layar lebar yang menampilkan setting tempat yang indah, para aktor pria tampan, artis wanita seksi dan sederet adegan sensual sebagai jualan. Dan untuk masa ini, dengan telah beragamnya novel roman yang beredar, sepertinya butuh riset dan investigasi pasar, untuk menguji apakah novel-novel semacam ini masih bisa meraih pamornya.

“Sayang”nya, eksplorasi ke”berani”an dalam konten novel ini tidak didukung oleh eksplorasi ke”berani”an dalam kemasan. Kenapa tidak sekalian saja memasang stempel novel dewasa pada back cover sebagai pengganti stempel populer, atau mengganti judul Labirin Rasa menjadi Labirin Gairah, serta didukung pula oleh cover sepasang pria dan wanita yang saling bermesraan? Setidaknya, ke”berani”an ini menunjukkan pertanggungjawaban holistik terhadap konten, dan memberi kejelasan kepada pembaca segmen mana dan khalayak mana, novel ini pantas ditujukan. Karena bagaimana pun, terlepas dari sisi hiburan yang dimiliki oleh sebuah novel, ada misi lain yang juga semestinya menjadi perhatian para pihak, yaitu memberi hiburan pada batas usia yang sesuai.


http://www.riawanielyta.com/2013/09/resensi-novel-labirin-rasa-sebuah.html


Resensi Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah




Judul                    : Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah
Penulis                  : Tere Liye
Tebal                    : 512 hal
Penerbit                : GPU
Harga                   : Rp.72.000,-
Terbit                    :  Januari 2012
Apakah Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah ini sama spesialnya dengan miliaran cerita cinta lain? Sama istimewanya dengan kisah cinta kita? Ah, kita tidak memerlukan sinopsis untuk memulai membaca cerita ini.
Demikian sepenggal tulisan yang tertera pada back cover novel ini. Ya. Ini memang novel tentang cinta. Novel yang mengusung sosok Borno (berasal dari kata Borneo) sebagai tokoh sentralnya, seorang pemuda yang digambarkan penulis sebagai ‘bujang berhati paling lurus sepanjang tepian Kapuas’, dan setting cerita yang sebagian besar mengambil lokasi di Pontianak khususnya tepian sungai Kapuas.
Kisah dibuka dengan peristiwa yang dialami ayah Borno ketika Borno masih berusia dua belas tahun, ayahnya yang tersengat ubur-ubur saat melaut memilih untuk mendonorkan jantungnya pada seorang pasien gagal jantung hingga pilihan itu membawa konsekuensi pada berakhirnya denyut nadi dan detak jantung ayah Borno.
Cerita kemudian terlempar beberapa tahun kemudian, saat Borno menjalani lika-liku hidupnya dengan bergonta-ganti pekerjaan, hingga dia bertemu seorang gadis peranakan bernama Mei, yang kerap dideskripsikan penulis sebagai si pemilik “wajah sendu menawan”. Ketika itu, Borno tengah menjalankan profesi sebagai seorang pengemudi sepit (sebutan masyarakat lokal untuk perahu kayu bermesin tempel, di adaptasi dari bahasa asing speed). Penampilan gadis itu langsung memesona Borno pada pandangan pertama, selain itu juga, sepucuk angpau merah yang tanpa diketahui Borno memang sengaja ditinggalkan gadis itu pada bangku sepit turut memancing rasa penasaran Borno. Sayang, angpau yang pada awalnya setengah mati dijaga oleh Borno agar bisa dikembalikan pada pemiliknya itu, justru kemudian berbalik menjadi tak lagi bermakna khusus saat Borno menyaksikan Mei yang tengah membagikan amplop serupa pada pengemudi sepit dan pedagang warung di dermaga. Namun, penemuan sepucuk angpau merah yang sengaja ditinggalkan itulah, menjadi momentum pembuka kisah romantika antara Borno dan Mei. Isi angpau itu sendiri baru diketahui Borno lama setelah penemuan itu.
Lantas, bagaimana lika-liku hubungan cinta antara Borno dengan Mei? Apa sesungguhnya isi sepucuk angpau merah itu? Akankah cinta Borno dan Mei berakhir dengan kebahagiaan atau sebaliknya?
Dalam novel setebal 512 halaman ini, pembaca yang sejak awal sudah berekspektasi bahwa tema cinta akan menjadi bahasan utama dalam novel ini, mungkin harus membangun ekstra kesabaran untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas, karena novel ini tak hanya melulu bicara soal cinta, melainkan juga menyajikan beragam kisah akan perjuangan hidup, pengorbanan, dan sisi-sisi kehidupan masyarakat Pontianak khususnya masyarakat tepian Kapuas, juga cerita seputar tokoh-tokoh lain yang turut mewarnai novel ini.
Adalah ciri khas Tere Liye, untuk selalu menuturkan adanya sebuah proses kehidupan di dalam novel-novelnya. Proses yang pada umumnya digambarkan sebagai sebuah metamorfosa tokoh utamanya saat memulai hidupnya dari masa-masa sulit hingga akhirnya memperoleh kesuksesan.
Di dalam novel ini pun, pembaca akan diajak menyusuri lika-liku, naik turun dan pahit getir perjalanan seorang Borno saat menjalani berbagai bidang profesi, mulai dari karyawan perusahaan karet, penjaga karcis kapal feri, pengemudi sepit, hingga akhirnya ia sukses memiliki bengkel sendiri. Dalam proses inilah, melalui tokoh Borno, penulis “menitipkan” pesan-pesan tentang pentingnya memelihara sifat jujur, ketekunan dan kerja keras untuk bisa meraih kesuksesan.
Tak ketinggalan pula interaksi Borno dengan tokoh-tokoh lainnya dalam novel ini, hikmah yang didapat Borno dari peristiwa demi peristiwa yang dia alami bersama tokoh-tokoh tersebut, turut dijadikan sarana penulis untuk menyampaikan nilai-nilai inspiratif melalui penuturan yang ringan, deskripsi peristiwa yang lekat dengan kehidupan sehari-hari hingga terasa akrab dan jauh dari kesan menggurui.
Adalah Pak Tua, tokoh lain yang kapasitas perannya cukup dominan dalam cerita ini, tokoh yang menjadi tempat penulis menitipkan pesan-pesan akan esensi kehidupan melalui petuah, nasehat dan kalimat-kalimat bijak yang mengalir dari mulutnya saat memaknai hikmah dari sebuah peristiwa.
Dibandingkan novel-novel sebelumnya, novel Tere Liye kali ini “pengemasan”nya memang jauh lebih ringan, juga kaya akan dialog cerdas, dibumbui oleh humor-humor menggelitik saat memparodikan kehidupan, bernuansa lokalitas yang sangat kental, sehingga dalam keseluruhan paketnya, novel ini berhasil mengajak pembaca mengalami beragam pergantian emosi, tersenyum, tertawa geli, tertegun, kagum, juga terharu. Novel ini juga minim konflik, berbeda dengan novel-novel Tere Liye terdahulu yang justru menjadikan ketajaman konflik sebagai salah satu “andalan”nya.
Namun, minimnya konflik tak lantas membuat novel ini jadi tak bertaji. Karena di sini, penulis mampu menghadirkan penggambaran setting secara detail, natural, melebur harmonis dengan segenap unsur pembangun cerita lainnya sehingga pembaca akan merasa seolah-olah benar-benar berada di lokasi cerita, memperoleh pengetahuan-pengetahuan baru tentang kultur masyarakat setempat dalam hal ini masyarakat yang tinggal di tepian Kapuas termasuk sekilas pengetahuan akan hal-hal terkait profesi-profesi Borno yang berhasil dideskripsikan secara apik oleh penulis.
Kekuatan lainnya dari novel ini juga terletak pada deskripsi karakter tokoh-tokohnya. Selain sosok Borno dan Mei yang menjadi tokoh sentral cerita, pembaca juga akan diajak berkenalan dengan tokoh-tokoh pendukung yaitu Pak Tua, Koh A Cong, Bang Togar, Tulani, Andi, Sarah, dan lain-lain yang merepresentasikan beragam suku di tanah air berikut kekhasan kultur dan sifat dari masing-masing suku tersebut.
Memang, jika dilihat dari berbagai unsur, tidak ada teknik penyampaian yang benar-benar istimewa digunakan penulis untuk membangun dan menuturkan kisah dalam novelnya kali ini. Bahkan tema yang digunakan pun adalah tema yang selalu didaur ulang. Tema tentang cinta antar dua insan. Lebih spesifiknya adalah tentang kekuatan cinta pada pandangan pertama yang tetap tak tergoyahkan meski banyak lika-liku harus dihadapi. Namun, ciri khas penulis yang selalu mewarnai novel-novelnya dengan nuansa humanis inspiratif, selain kekuatan-kekuatan yang telah disebutkan sebelumnya, menjadikan tema yang sangat biasa ini berhasil dikemas secara baik, apik dan mengasyikkan untuk dibaca.
Kekuatan lain dari karya Tere Liye adalah pada kepiawaiannya menggambarkan adegan filmis yang membuat pembaca seolah-olah dapat merasakan langsung efek visual dari deskripsi adegan tersebut. Tak heran jika satu demi satu novel Tere Liye layak diangkat ke layar lebar atau pun layar kaca.
Untuk ending sendiri, kali ini Tere Liye menghadirkan akhir yang menggantung, seolah sengaja membiarkan pembaca berpikir, menerka-nerka dan memutuskan berdasarkan persepsi masing-masing.
Novel ini, boleh jadi menjadi antitesis terhadap pakem novel cinta (roman) pada umumnya yang kini menyerbu pasaran novel populer, yaitu novel yang menjadikan tema cinta sebagai “penguasa” atas keseluruhan isi novel, dan kehadiran konflik serta alur lain di luar urusan cinta hanya memegang peran sebagai pendukung cerita saja. Demikian pula pada konsentrasi tokoh-tokohnya. Novel cinta (roman) pada umumnya berfokus pada interaksi tokoh-tokoh utama yang terlibat dalam kisah cinta tersebut, dan hanya memberi ruang secukupnya saja pada peran tokoh-tokoh lain.
Maka, hal sebaliknya dilakukan penulis pada novel ini. Novel yang justru dengan bebas dan lentur bergerak kesana kemari, membiarkan konflik dan alur cerita tokoh-tokoh lain terurai dalam lembar-lembarnya sehingga jalinan kisah cinta kedua tokoh utama dalam novel ini pun menjadi tak lagi dominan.
Bagi pembaca yang menginginkan sajian kisah cinta dalam kemasan berbeda, atau pun menginginkan ramuan kisah cinta yang lebih bergizi dan sarat makna, serta tidak peduli akan standar romantisme dan pakem sebuah cerita cinta, novel ini adalah pilihan yang tepat. Dan bagi para pembaca novel-novel Tere Liye khususnya, novel Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah tetap tak kehilangan ciri khas seorang Tere Liye. Ciri yang selama ini eksis dalam karya-karya beliau termasuk saat bertutur tentang cinta. Menjadikan novel ini, lebih dari sekadar sebuah kisah cinta biasa.

RESENSI NOVEL QUEEN OF THE EAST : TITANIC FROM HINDIE




Judul : Queen of The East
Penulis : Yanti Soeparmo
Penerbit : ProuMedia
Tahun : 2010

Sinopsis :
Sebuah kapal bernama Queen of the East, melepas sauh menuju Hindia, the Tropical Holand. Negeri yang menjanjikan seribu keindahan. Sebuah kapal yang darinya tersembul berbagai harapan: dua mahasiswa pribumi pulang menyelundupkan benda rahasia demi mendukung perjuangan kemerdekaan; orang-orang Belanda menyeberang untuk sekadar pulang ke negeri jajahan, ada pula yang mengadu nasib di negeri orang.

Namun ia juga menyimpan kengerian: tiga kompi pasukan didatangkan untuk membungkam perlawanan pejuang kemerdekaan; dan tak kalah mengerikan, seorang agen rahasia disusupkan untuk memecah-belah sebuah elemen masyarakat Hindia agar sibuk berkonflik dan absen dari perjuangan.


Banyak kepentingan dibawa, dan banyak konflik timbul dalam perjalanan; pembunuhan, fitnah dan ancaman dilancarkan. Bagaimana nasib para penumpang? Apakah mahasiswa Indonesia berhasil membawa barangnya dengan selamat? Apakah agen rahasia itu berhasil menjalankan misinya? Bagaimana dengan 366 personel pasukan penjajah yang turut serta, apakah mereka sampai ke Hindia?

Sebuah novel yang mencoba menggambarkan realita sejarah dengan sangat elegan, sekaligus menarik untuk dibaca.

===================================================================

Kali ini saya mau ngobrol tentang buku yang di covernya ada stempel 'Pemenang Penghargaan Nasional Tertinggi Sayembara Novel Menggugah 2009'. Cukup muluk ya? Tapi, setelah nuntasin baca saya langsung bilang 'yes', kalau novel bergenre fiksi sejarah ini emang pantes dapet gelar itu.

Novel Queen of The East yang ditulis oleh Yanti Soeparmo ini meracik kisah dengan konflik yang begitu kompleks, setting tempat, waktu dan peristiwa yang runut dan detail, penokohan yang banyak dan beragam karakter, juga yang tak kalah unik....sebagian besar kisah bersetting diatas kapal!

Yups. Mulai kebayang film Titanic pastinya :D Tapi, novel yang satu ini jauh lebih berwarna ketimbang Titanic yang lebih didominasi kisah cinta Jack-Rose dan peristiwa tragis terbelahnya kapal cruise mewah itu. Bersama kapal bernama Queen of The East yang melaju dari Netherland menuju Batavia, kita akan diajak menelusuri lika-liku kisah cinta terlarang, konspirasi, intrik, penyusupan intel, juga pengorbanan atas nama cinta.

Tanpa perlu mengurai diksi yang bertabur metafora, namun bermodalkan kepiawaian meramu konflik dan penyajian adegan yang detail, emosi kita cukup dibawa terhanyut dengan satu demi satu konflik yang dihadirkan. Konflik yang sebenarnya bertitik tolak dari penyusupan intel yang menyamar dan membawa misi keji untuk memecahbelah masyarakat Hindia sesampai di Batavia nantinya. Seiring dengan kedok penyamaran yang perlahan terkuak, satu demi satu kejadian tragis susul menyusul : terbunuhnya dua bocah kembar di gudang penyimpanan tank, menyusul pria bernama Petrus van Hoorn yang kemudian menggiring istrinya Aletta sebagai tertuduh (Aletta yang tidak bersalah akhirnya meninggal di tahanan karena sakit), bunuh dirinya sang kapten kapal karena tak tahan menanggung beban dosa menerima sogokan sangat besar dari sang penyusup yang mengakibatkan serentetan bencana di kapal, juga...terbunuhnya sang intel penyusup sendiri begitu kapal tiba di Batavia di tangan seorang serdadu Belanda.

Tadinya saya kira tak akan menemukan tokoh pria yang bisa bikin jatuh hati sebagaimana para tokoh pria dalam novel2 bergenre romance. Nyatanya disinipun saya menemukannya. Dialah Letnan Jeremias Stewart, alias Jacob, alias Muh. Yakub. Sosok utama yang berhasil mencuri simpati  tanpa perlu menjelma jadi sosok Mr. Nice Guy yang serba perfect,  tidak 'bermodalkan' wajah setampan George Clooney or Leonardo Di caprio (Jeremias adalah serdadu Belanda keturunan Afrika), tidak menenteng barang2 mewah (selain hanya mencangklong senjata), tidak juga merayu dengan kata2 romantis (melainkan menunjukkan sikap kejantanannya dengan membela orang2 yang lemah dan teraniaya diatas kapal juga akhirnya menembak sang intel penyusup demi cintanya pada Safiya walau harus menanggung konsekuensi terancam hukuman mati).

Dan kisah tentang Jeremias ini menjadi penyambung kisah yang tak kalah menarik dan heroik pasca pendaratan Queen of the East di Batavia. Berawal dari vonis hukuman mati atasnya karena telah menembak sang penyusup, diselamatkan oleh komandan yang berutang budi, 'dibuang' sebagai ABK kapal Pinisi dengan identitas baru, menjadi mualaf, diburu kembali oleh orang2 dibalik layar pengutus sang intel yang tak lain adalah Netherlander sendiri, kegagalannya menikah dengan wanita pujaannya meski hari pernikahan sudah diambang pintu, hingga pelariannya dari para pemburunya berakhir di kampung halamannya dengan menjadi penambang emas di Afrika.

Kekurangan? Wah, hampir tanpa cacat sepertinya, kecuali pada bab2 awal yang terasa membosankan dan membingungkan karena belum terurainya masalah utama, sampai2 saya membutuhkan waktu setahun untuk menuntaskan separuh bagian awal cerita (kebangetan yak :D) dan sisanya dalam semalam! Karena, mulai dari tengah sampai akhir, disitu baru letak serunya.

Juga penampilan yang kurang eye catching, dengan lembar2 kertas buku ini yang tipis dan buram, rada mirip kertas roti warnanya, cover yang meski mengingatkan kita pada film Titanic dengan gambar ujung haluan kapal bersama sosok seseorang diatasnya, nurut saya sih bisa terlihat lebih 'gagah' kalau misalnya kapalnya dibuat tampak depan dengan pewarnaan yang lebih tajam juga tanpa perlu dimirip2kan dengan gambar film yang fenomenal itu.

Dan...apa ya? Kok ya rasanya promonya kurang greget atau saya aja yang kurang info kali ya? Yang jelas, buku2 dari penerbit yang sama emang nggak pernah hadir di kota saya, juga minim sekali info yang saya peroleh tentang buku ini di google, padahal secara mutu konten, novel ini memang layak menjadi pemenang pertama dan menjadi alternatif fiksi sejarah yang diracik dengan kompleks dan elegan.

Hari ke-5 Battle Challenge #31hariberbagibacaan

RESENSI NOVEL HUJAN DAN TEDUH





Judul   :  Hujan dan Teduh
Penulis : Wulan Dewatra
Penerbit  :  Gagas Media
Tahun   :  2011



Sinopsis :
Kepadamu, aku menyimpan cemburu dalam harapan yang tertumpuk oleh sesak dipenuhi ragu.

Terlalu banyak ruang yang tak bisa aku buka. Dan, kebersamaan cuma memperbanyak ruang tertutup.

Mungkin, jalan kita tidak bersimpangan. Ya, jalanmu dan jalanku. Meski, diam-diam, aku masih saja menatapmu dengan cinta yang malu-malu.

Aku dan kamu, seperti hujan dan teduh. Pernahkah kau mendengar kisah mereka? Hujan dan teduh ditakdirkan bertemu, tetapi tidak bersama dalam perjalanan. Seperti itulah cinta kita. Seperti menebak langit abu-abu.

Mungkin, jalan kita tidak bersimpangan....


======================================================================


Satu paket pesanan buku nyampe dengan selamat ke rumah saya waktu itu. Gak biasanya, bungkusnya kertas koran, bikin orang di rumah jadi curigaan. (Ups, malah ngomentarin paket :D)
Isinya? Empat novel, tiga darinya adalah pemenang lomba novel yang diadain sekitar akhir tahun lalu. Saya emang seneng baca karya-karya hasil jebolan kompetisi, berekspektasi bahwa ada sesuatu yang 'lebih' didalamnya sehingga emang layak menang dan menyingkirkan ratusan kompetitor.

Awalnya saya membaca yang covernya warna orange muda, tapi kemudian pindah ke novel lain, yang - jujur aja - karena terbius dengan covernya yang meneduhkan, judulnya yang romantis, komentar juri didepannya yang juga nggak kalah manis serta foto penulisnya di cover belakang, semuanya langsung membentuk gambaran utuh di benak saya akan sebuah novel yang sweet, smooth, fresh dan very touching.

Baru separoh jalan ngebaca....OMG! Saya sampe nanya retoris : beneran nih?? ini novel yang menang??

....saya kecele!
Dibalik kemasan yang serba manis itu, didalamnya saya temukan karakter tokoh cewek  yang biseksual,  karakter cowok yang 'sakit' alias posesif dan rada psikopat, alur cerita yang diwarnai SBM (sex before marriage) yang berulang-ulang, juga solusi-solusi semacam  : aborsi, berciuman dengan cowok lain demi membatalkan pertunangan, sampai....suicide!

Hmm...
Silahkan bilang saya kuno, konservatif, konvensional, nggak up-to-date, kurang gaul, tapi dalam kacamata si emak kolot dari kepulauan ini, saat membaca sebuah fiksi yang memuat kisah penyimpangan a.k.a pergeseran moral  yang tersaji dengan gaya tutur yang SANGAT manis, SANGAT indah, SANGAT meremaja, SANGAT jujur (sengaja, kata 'sangat'nya pake kapital, karena dari segi penuturan, novel ini memang SANGAT memikat), maka semua penyimpangan tadi seakan menjelma sebuah potret peristiwa yang sudah biasa dan dianggap lumrah, adalah sebuah realita dalam pola pergaulan generasi muda jaman ini.

Meski didalamnya juga digambarkan akibat dari perbuatan menyimpang itu, dimana ceweknya terkena  infeksi rahim sehingga rahimnya diangkat, pesan ini rasanya kurang menohok, mungkin, ya karena didukung penuturan yang amat manis itu tadi.  Dan kalaupun novel ini dianggap bagus dari sisi keutuhan konseptual, saya justru gagal menemukan sebab yang jelas kenapa si tokoh cowok yang rada psikopat itu bisa menjelma jadi baik dan bertobat secara tiba-tiba (meskipun, pertobatan itu hanya tercermin dalam keinginannya untuk menikah), dan kenapa si tokoh cewek  bisa menjadi seorang biseksual tanpa didukung oleh latar belakang keluarga atau lingkungan misalnya. Juga penyesalan si tokoh cewek kurang tergarap secara maksimal, sehingga - yah, lagi-lagi - saya menangkap kesan dan pesan bahwa semua bentuk pergeseran disini adalah sebuah pelumrahan (???). bagian dari gaya hidup. Seakan-akan saya dapat mendengar sang penulisnya mengatakan didepan saya, "Ini realita mpook, realita! Si mpok kemane aje??

Enggak. Saya enggak kemane-mane.
Masih disini.

Tetap setia menanti fiksi-fiksi karya anak bangsa ini dengan satu harapan besar akan perubahan ke arah pembentukan karakter dan moralitas yang signifikan.

Dan kurang adil rasanya kalau nggak menyebut kalau novel ini nggak punya kelebihan, bagaimana pun, ini juara pertama kompetisi, selain penuturan yang manis dan mengalir, tema yang diangkat cukup berani, dan penulisnya juga berhasil mengemas tema itu dengan alur maju mundur yang menarik dan nuansa yang dibangun juga nggak biasa. Dan tentu saja, keunggulan yang paling eye catching adalah pada cover dan blurbnya. Asli deh, fisik novel ini memang keren, sehingga covernya pernah masuk finalis API (tahun berapa saya lupa) untuk nominasi cover pilihan.

Akhir resensi ini saya tutup dengan doa, semoga generasi dibawah saya, terutama mereka yang terlahir dari rahim saya, dipelihara oleh Allah swt dari pergeseran budaya yang dianggap biasa dan terhindar dari ikut-ikutan membiasakan dan melumrahkan penyimpangan...

RESENSI MENIKAH UNTUK BAHAGIA : MENIKAH, TIDAK CUKUP HANYA SEKADAR MENJALANI

Judul                          :            Menikah Untuk Bahagia
Penulis                        :            Indra Noveldy dan Nunik Hermawati
Penerbit                      :            Nourabooks
Tebal                          :            308 hal
Genre                         :            Non Fiksi
Terbit                          :            April 2013
ISBN                          :            9786027816091

Resensi                       :
Setiap orang yang akan memasuki gerbang pernikahan pastilah menginginkan kehidupan berumah tangga yang harmonis dan senantiasa diliputi kebahagiaan. Namun sayang, tidak semua orang mempersiapkan cukup bekal sebelum memasukinya. Akibatnya, saat menghadapi konflik, persoalan dan berbagai riak dalam rumah tangga, tak sedikit yang gagal menyelesaikannya lalu memilih jalan pintas untuk mengakhirinya. Padahal, menginginkan kehidupan berumah tangga yang harmonis dan bahagia tidak cukup hanya dengan sekadar menjalaninya, melainkan butuh perencanaan, tujuan yang disepakati bersama juga kesungguhan dan komitmen dalam menjalaninya.
Inilah poin-poin penting dalam buku setebal 308 halaman yang ditulis oleh konsultan pernikahan ini. Untuk membangun kehidupan pernikahan yang harmonis, langgeng dan berkelimpahan, ada lima hal yang perlu dimiliki dan dilakukan, yaitu tujuan, mindset yang tepat, knowledge dan skill, komitmen, dan berserah. (hal.6).
Saat ditanyakan apa tujuan menikah, maka jawaban yang paling sering muncul adalah dalam rangka ibadah, ingin memiliki anak, sudah cukup umur, dan satu jawaban paling populer sekaligus normatif, yaitu membangun keluarga sakinah, mawaddah, warahmah. (hal.13). Tetapi, jika ditanyakan apakah sebelumnya pernah mendesain kehidupan pernikahan yang diinginkan, mungkin hanya sedikit sekali yang melakukannya. Padahal, ibarat membangun sebuah menara, pasti membutuhkan desain dan pondasi yang matang, apalagi untuk membangun sebuah pernikahan, sebuah mahakarya tempat meletakkan impian dan masa depan di dalamnya. (hal.26)
Untuk itulah, saat memulai dan menjalani pernikahan sangat membutuhkan knowledge dan skill. Jika kita ingin sukses dalam bidang apapun, maka kita membutuhkan knowledge dan skill. Demikian juga dalam kehidupan pernikahan. Kita butuh knowledge dan skill yang cukup untuk bisa membangun kehidupan rumah tangga yang harmonis, langgeng dan berkelimpahan, dan proses menambah knowledge juga mengasah skill ini adalah proses yang akan berlangsung seumur hidup (hal. 122).
Pernikahan juga butuh komitmen dari kedua belah pihak. Komitmen tidak hanya dalam hal kesetiaan, tetapi juga komitmen untuk mau terus berjuang mewujudkan apa yang diinginkan dari pernikahan, komitmen untuk berani menjalani prosesnya, dan komitmen untuk berjuang meningkatkan kualitas pernikahan (hal. 247).
Terakhir, sudah menjadi kewajiban kita untuk menyerahkan hasil semua usaha pada Tuhan, termasuk usaha dalam mempertahankan pernikahan dan memperjuangkannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Satu hal penting disini, bahwa berserah tidak sama dengan menyerah. Menyerah berarti berhenti berjuang. 
Sebaliknya berserah adalah sebuah sikap mental yang sejak awal sudah menyadari bahwa hasil akhir adalah teritori Tuhan, bukan teritori manusia. Dengan demikian, kita bisa menjadi lebih tenang saat menjalani pernikahan dan menyadari bahwa tugas kita hanyalah melakukan yang terbaik. Kita tahu, Tuhan pasti akan memberikan yang terbaik pula. (hal. 254).
Secara keseluruhan, buku ini mengajak para pembacanya untuk meluruskan paradigma akan pentingnya mempersiapkan dan menetapkan tujuan pernikahan, pentingnya usaha yang sungguh-sungguh dalam menjalaninya, yang tentunya harus ditunjang pula oleh bekal ilmu pengetahuan dan kemampuan, serta komitmen kedua belah pihak  yang menjalaninya. Sebuah buku yang layak dibaca oleh mereka yang belum menikah sebagai bekal dan panduan, juga bagi yang sedang menjalani pernikahan, buku ini dapat dijadikan pembangkit semangat untuk tetap menjaga kelanggengan pernikahan dan meningkatkan kualitas pernikahan demi mencapai tujuan yang diinginkan bersama.

*Resensi ini dimuat di www.nabawia.com : http://www.nabawia.com/read/3007/menikah-tidak-cukup-hanya-sekadar-menjalani

RESENSI NOVEL FRIENDLOVESHIP


Judul  :  Friendloveship
Penulis : Ifa Avianty
Penerbit : Lingkar Pena
Tahun : 2011

Sinopsis :
“Jangan-jangan kita dikutuk...”

“Eh, maksud lu?”

“Kita selusin wallflower ini, belum ada satu pun yang married. Kali aja ada kutukan masa lalu, yang kena nenek moyang kita. Terus menurun ke kita semua…”


“Kutukan kok kena dua belas-dua belasnya....”

***

Ini memang bukan kisah Twelve Dancing Princesses. Tapi ini adalah kisah dua belas perempuan yang dipertemukan karena kesukaan mereka pada novel dan drama romantis.

Suka duka mereka jalani hingga usia menapak dan satu persatu mulai membutuhkan pendamping hidup. Saat itulah mereka menyadari, hidup ternyata tak seindah roman yang mereka baca atau film yang mereka tonton.

Persahabatan mereka pun mulai diuji. Apa yang terjadi saat dua orang sahabat jatuh cinta pada pria yang sama? Bagaimana mereka mengatasi beragam godaan sebagai wanita karier?

Kegelisahan sebagai perempuan lajang, suka duka mencari Mr. Right, kesedihan, dan cemburu mewarnai kehidupan mereka. Sebuah novel romantis yang akan mengaduk emosi Anda sebagai perempuan.

=======================================================

Gak perlu banyak mukaddimah deh ya, yang jelas novel mbak Ifa Avianty ini beneran 'Ifa Avianty banget'. Ya pada diksinya yang fresh, alurnya yang lincah juga ceritanya tentang kehidupan masyarakat urban.

Kali ini mengangkat tema dilema gadis lajang kota yang belum juga ketemu jodoh meski usia udah pada kepala tiga. Gak tanggung-tanggung, tokohnya ada 12 orang! Belom termasuk peran pembantu a.k.a cowok2nya meski gak sampe 12-12nya juga. Sejak pertama kenal novel2nya Ifa Avianty, memang mbak yang satu ini piawai banget mengemas novel dengan penokohan yang banyak, tapi baru kali ini deh tokohnya kok ya sampe selusin? Lajang semua pula! (mbayangin gimana ribetnya nyari 12 karakter dgn latar belakang kehidupan n keluarga yang berbeda dan novel ini kelarnya juga gak pake lama, alias cuma sekitar 3 bulan, hwaa...can only say : salut banget deh :))

Sebagai novel serial yang merepresentasikan genre chicklit, novel yang satu ini boleh jadi menawarkan suguhan yang berbeda, meski packagingnya secara umum sama, tokoh2nya pada cakep n tajir semua, nggak terlepas dari konflik antar sahabat, dua sahabat yang mencintai pria yang sama, juga persahabatan yang diwarnai adegan2 dan dialog2 segar, namun didalamnya juga terdapat perenungan2 tentang upaya pencarian jodoh yang tetap bersandar pada norma agama.

As usual, satu hal yang kerap nggak terhindarkan dari novel-novelnya mbak Ifa adalah kebetulan yang sedikit bergeser dari jangkauan realita. Bagaimana kok ya ke 12-12nya meski punya latar belakang dan karakter yang berbeda namun punya kesamaan prinsip dalam mencari jodoh? Mungkin lebih logis kali ya kalau diantara yang 12 itu juga digambarkan ada yang memiliki prinsip berbeda juga cara mencari jodoh yang berbeda?

However, fiction is fiction, so, kalo ada yang nggak sesuai dengan realita, pembaca juga nggak bisa menuntut terlalu banyak. Toh apa yang terpenting adalah totalitas kesan dan pesan yang tertangkap, tercerna dan membentuk inspirasi didalam rasa dan olah pikir pembaca. Dan tentu aja, buat yang menyukai gaya dan tema penulisan khas mbak Ifa, insya Allah akan mendapatkan totalitas itu di novel ini.

Hari ke-8 Battle Challenge #31hariberbagibacaan


RESENSI SYAIR CINTA PEJUANG DAMASKUS : BELAJAR DARI "DONGENG"


Judul: Syair Cinta Pejuang Damaskus
 Penulis: Elvandi
Harga: Rp. 35.000
Penerbit : Prou Media
Tahun : 2009


Sinopsis :

Pada awalnya kemenangan tak terduga atas sang Pemimpin Kavaleri, dalam pertarungan birjas di Maydan Sultan. Takdir Asad si Pedagang Pasar Suqul Khayyath, Damaskus, mulai mencatatkan diri sebagai orang kepercayaan Sultan Salahuddin. Satu tekad ditanam, membara di dada: bebaskan bumi al-Aqsha, Palestina, dari pendudukan Tentara Salib.

Pada penggapaian tekad, Asad tampil gemilang. Cengkeraman Tentara Salib di negeri sepanjang Jazirah Asia-Afrika perlahan dikembalikan dalam dekapan kemuliaan Islam. Maka, Asad pun menjadi buah bibir yang tak habis untuk dibicarakan. Namun, nama emas Asad melahirkan dengki dan pengkhianatan dari orang-orang yang dihormatinya. Bahkan Sang Sultan pun turut berjarak dengannnya.

 Dalam keterasingan, Asad tetaplah pejuang tangguh selaksa di medan perang. Pena di tangan tak ubahnya pedang yang dimainkan untuk menebas leher lawan. Pena yang melahirkan syair cinta pada seorang yang dirindukannya.

 =============================================================

Bukan hal mudah untuk menulis fiksi dengan setting waktu seabad silam, di negeri yang berbeda dan mengambil kilasan peristiwa sejarah pula. Tidak hanya riset terhadap setting mutlak diperlukan, tetapi juga terhadap kultur masyarakat pada waktu dan tempat yang menjadi setting. Maka, saat membaca beberapa fiksi sejarah, ada beberapa 'hasil' yang saya temui : fiksi yang benar-benar bagus hingga penggambaran adegan dan suasana terasa detail dan hidup (biasanya ini terjadi pada fiksi yang didahului oleh riset bertahun-tahun), fiksi yang 'berat', sarat dijejali informasi peristiwa sehingga unsur ceritanya menjadi minim, dan fiksi dengan penuturan serupa dongeng.

Sekarang saya ingin ngobrol tentang sebuah fiksi berjudul Syair Cinta Pejuang Damaskus. Novel yang mengambil setting sekitar tahun 1100 di tanah Syria (Damaskus) dan berlatar belakang peristiwa perjuangan menghadapi musuh-musuh Islam. Sampai separuh jalan membaca, saya putuskan untuk menganggap fiksi ini sebagai dongeng ketimbang novel. Mengapa?

Pertama, karena gaya penuturan sang penulis (dengan PoV orang ketiga) yang benar-benar memosisikan dirinya diluar cerita sehingga sangat terasa seperti penuturan (bercerita) tanpa melibatkan diri secara maksimal pada penggalian emosi masing-masing tokoh. Jadi jangan heran kalau di halaman kesekian kita menemukan seorang perempuan yang berlinang air mata karena cintanya ditolak oleh pemuda A, namun di halaman sebelahnya sang wanita telah (digambarkan) bersuka cita setelah melangsungkan pernikahan dengan pemuda B. Padahal, ada begitu banyak titik konflik dalam fiksi ini yang berpotensi memancing pergolakan emosi pembaca namun tidak dimanfaatkan dengan maksimal.

Kedua, karena plot yang juga terkesan cepat oleh gaya penuturan bercerita. Kita tidak akan menemukan penggambaran yang terlalu detail tentang runutan beberapa peristiwa. Ditambah dengan cara penulis yang sering menyelipkan pertanyaan retorika lalu dijelaskan sendiri seakan kian menegaskan bahwa cerita ini memang berpola penuturan (bercerita) tanpa perlu sang penulis benar-benar terlibat (berinteraksi) dengan tokoh-tokoh dan peristiwa dalam cerita.

Ketiga, terkait dengan penggunaan setting, terus terang saya tidak terlalu memahami seperti apa hubungan antara penguasa (Sultan) dengan rakyat jelata pada jaman itu. Mungkinkah Sultan bisa akrab dengan rakyat meskipun rakyat itu seorang yang berjasa dan heroik hingga bisa ngobrol akrab, bermain catur bahkan di salah satu adegan terkesan bahwa sang rakyat bisa 'menyuruh' sang Sultan membaca peraturan pertandingan. Juga penggunaan dialog yang terkadang menggunakan cara metafora bak syair dan puisi, mungkinkah ini memang dialog yang 'pas' untuk setting jaman itu?

Keempat, oleh sebab-sebab diatas yang membuat saya gagal menemukan hal-hal yang menjadi poin penting dalam menghidupkan sebuah novel, maka saya lebih suka menganggapnya sebuah dongeng, karena dalam posisi ini saya akhirnya bisa menyelesaikan membaca dan mengambil pesan-pesan positif yang terkandung didalamnya.

Adalah seorang Asad, yang semula hanya seorang pedagang biasa, namun berkat kecerdasan, kemampuan fisik dan tekad ambisiusnya juga kegigihannya untuk belajar, akhirnya membawa keberuntungan demi keberuntungan atasnya. Menjadi orang kepercayaan Sultan, memimpin perjuangan membasmi musuh-musuh Islam dan dikagumi juga dihormati di seantero negeri.

Namun semakin tinggi pohon menjulang, semakin kencang pula angin bertiup. Kepopuleran Asad kemudian mengundang hasad dengki dan fitnah. Nasib Asad berbalik 180 derajat. Disini pesan moral terpenting bisa kita maknai, bahwa sifat fitnah dan dengki adalah hal terlaknat dalam Islam, dan betapa kesombongan akan mencampakkan seseorang yang memiliki segala kelebihan. Ya. Salah satu kelemahan tokoh Asad adalah kesombongannya yang berulangkali digaungkan oleh kalimatnya 'Aku adalah pencipta takdirku sendiri' dan ambisinya untuk meraup kekuasaan. Kelemahan yang akhirnya menyadarkan Asad lewat kehadiran tokoh Abul Hasan juga rentetan peristiwa pahit yang dialaminya untuk kembali mendekatkan diri pada Illahi dan meluruskan niatnya untuk beristiqomah.

So, dengan pesan-pesan moral dan keislaman yang dibawa dalam fiksi ini, juga apresiasi terhadap penulis yang telah berani mengambil setting waktu dan tempat di masa silam serta kilasan peristiwa sejarah akan kebangkitan Islam melawan musuh-musuhnya di jaman itu, tak ada salahnya kita memosisikan (merubah) perspektif kita untuk dapat mengambil hal-hal baik didalamnya, sebagaimana halnya membaca sebuah dongeng yang juga selalu membawa pesan-pesan kebaikan tanpa harus kita memusingkan unsur-unsur sastrawi yang membangunnya. Toh lembaran-lembaran Harry Potter dan Twilight yang setebel kamus juga tak lebih dari rangkaian fantasi demi fantasi yang membubung tanpa perlu sang penulis merasa repot dengan logika dan pesan moral namun nyatanya terjual sampai jutaan eksemplar, bukan? (^_^)


Hari ke-4 Battle Challenge #31hariberbagibacaan

Resensi : Catatan Hati Ibu Bahagia

JUDUL BUKU   :           CATATAN HATI IBU BAHAGIA
PENULIS         :           LEYLA HANA
PENERBIT       :           JENDELA (LINI ZIKRUL HAKIM)
TERBIT            :           MARET 2012
TEBAL              :           352 HAL
ISBN                :           978-979-063-710-8

Ditengah hiruk pikuk perdebatan para wakil rakyat tentang kenaikan BBM, terdapat satu Rancangan Undang-undang (RUU) yang konon tak kalah urgen untuk segera disahkan, masuk dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun ini, yaitu RUU Kesetaraan dan Keadilan Gender (KKG).

Meski gaung perdebatannya tak senyaring isu kenaikan BBM, namun RUU ini cukup membuat gelisah beberapa elemen umat Islam negeri ini yang masih sadar benar akan pentingnya pilar-pilar budaya dan ajaran Islam, mengingat sebagian besar isi RUU ini memang mengadopsi aturan sekuler liberalisasi yang tertuang dalam Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination Against Women (CEDAW), Beijing Platform for Action (BPFA) dan Millenium Development Goals (MDGs).  Aturan-aturan yang berusaha menegakkan kesetaraan kaum perempuan dalam perspektif kaum feminisme barat yang sayangnya bertentangan dengan perspektif Islam tentang perlindungan kaum perempuan, bahkan ke depan, dikhawatirkan bakal merusak tatanan kehidupan keluarga umat Islam negeri ini.

Lantas, apa hubungannya dengan buku berjudul Catatan Hati Ibu Bahagia ini?


Mari sejenak kita tinggalkan pembicaraan tentang RUU KKG. Sejenak kita bedah isi buku yang ditulis oleh seorang ibu rumah tangga yang juga penulis produktif ini. Sesuai judulnya, buku ini memang memuat curahan hati penulisnya tentang pengalamannya menjalani peran sebagai ibu rumah tangga, mengurus keluarga, persinggungannya dengan lingkungan sekitarnya juga fenomena yang ia tangkap tentang kehidupan berkeluarga.

Buku ini dibagi atas 7 (tujuh) bab, dan antara satu bab dengan lainnya seakan merupakan rangkaian metamorfosis sang penulisnya sendiri. Pada bab awal yang berjudul Menjadi Ibu Harus Bahagia, penulis mengungkapkan perasaan dan alasannya saat memutuskan meninggalkan pekerjaan dan menjadi ibu rumah tangga full, saat harus mengatasi rasa jenuh, juga meluruskan paradigma bahwa ibu rumah tangga juga bisa berpotensi menjadi wanita hebat.

Di bab-bab selanjutnya kita akan diajak menelusuri pengalaman dan perasaan penulis, suka dukanya saat melewati masa kehamilan, menjadi ibu baru, merawat dan mengasuh anak balita, interaksinya dengan asisten rumah tangga (ART), pasangan hidup, mertua juga tetangga. Tak ketinggalan juga dibahas perspektif penulis terhadap hal-hal jamak yang dialami ibu rumah tangga, seperti pemberian ASI eksklusif, pemakaian diapers, problema bentuk tubuh, bagaimana mengontrol keuangan keluarga agar tak terjerat utang, dan sebagainya. Semua ini ditulis dalam penuturan yang lancar, ringan, humanis, juga akrab, seakan-akan kita tengah mendengar sang penulisnya ngobrol langsung dan memosisikan dirinya sebagai sahabat kita. Pemilihan kalimat dan tips-tips dalam buku ini sangat mudah dicerna, sehingga cocok dibaca kaum ibu dari semua kalangan. Baik ibu rumah tangga maupun ibu yang bekerja.

Untuk ibu rumah tangga, buku ini seakan menjadi obat penghibur, meyakinkan bahwa setiap tetes keringat ibu rumah tangga yang diniatkan ikhlas untuk menggapai ridhoNya, sungguh tak ada yang sia-sia di hadapan Allah. Tips-tips yang dihadirkan juga dapat membantu ibu rumah tangga dalam mengatasi persoalan yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Baik persoalan individu maupun yang berkaitan dengan keluarga, tetangga dan lingkungan. Untuk ibu bekerja, buku ini juga tak lantas menjustifikasi secara sepihak pandangan penulis terhadap wanita karir, melainkan berusaha memosisikannya secara seimbang dengan tetap mengacu pada aturan Islam tentang wanita bekerja.

Sekilas membaca judul, mungkin, pembaca akan mengira kalau isi buku ini hanya bicara seputar kebahagiaan, namun esensi dari buku ini sesungguhnya jauh lebih dalam, yaitu bagaimana penulis melewati berbagai permasalahan hidup, menyikapi dan mengantisipasinya sesuai tuntunan Islam, dan dari situlah insya Allah  akan diraih kebahagiaan. Dalam hal ini, penulis berusaha mengajak pembaca memahami bahwa esensi kebahagiaan seorang muslimah sesungguhnya terletak pada rasa syukur kepada Allah dan keikhlasan menjalani peran sesuai fitrah.

Dari segi kekurangan, dibandingkan dengan buku-buku bermuatan sejenis, penuturan dalam buku ini memang sedikit bertele-tele, terdapat beberapa kisah yang diceritakan secara panjang lebar, seperti pada saat penulis berganti-ganti ART, namun kembali lagi pada selera pembaca yang heterogen, terdapat pembaca yang memang menyenangi pola tutur demikian, atau pun yang lebih menyenangi kumpulan catatan yang singkat dan padat, atau juga catatan yang inspiratif dan menyentuh. Kumpulan catatan semacam ini, boleh dikatakan adalah karya yang paling merefleksikan kejujuran penulisnya saat mengolah rasa dan pengalaman bathinnya.

Kembali pada pertanyaan di awal resensi ini, kaitannya dengan salah satu esensi RUU KKG yang berusaha memosisikan wanita dalam emansipasi gender menurut perspektif barat, di mana kaum wanita didorong untuk meraih persamaan hak dan kewajiban dengan kaum lelaki di ranah publik dan wanita tidak harus dibebani dengan urusan domestik. Esensi ini dikhawatirkan akan berdampak pada masa depan keluarga muslim khususnya anak-anak. Jumlah wanita yang keluar rumah untuk bekerja akan terus meningkat, sementara pendidikan anak di rumah diserahkan ke tangan pengasuh yang dari segi pendidikan saja masih di bawah rata-rata. Walhasil, waktu dan perhatian pada keluarga akan semakin berkurang, generasi Islam dikhawatirkan akan mengalami kemunduran secara perlahan-lahan khususnya kemunduran akhlak dan pondasi pemahaman Islam dalam diri mereka, atau dengan kata lain, sangat berpotensi menuju keadaan a lost generation.

Sebagian dampaknya bahkan telah terjadi di masa sekarang ini. Angka perceraian meningkat tajam dengan gugatan terbesar datang dari pihak wanita. Angka kenakalan remaja, jumlah remaja hamil di luar nikah dan remaja yang mengonsumsi narkoba juga terus meningkat. Bukti nyata bahwa emansipasi gender yang digaungkan pihak luar tak lain adalah bertujuan untuk melemahkan pilar kokoh keluarga muslim dan generasi Islam selapis demi selapis.

Memang, RUU ini saat ini sedang ditinjau ulang, mengingat banyak isinya yang bertentangan dengan syariat Islam. Terlepas bagaimana hasil akhirnya nanti, insya Allah keluarga muslim negeri ini tidak akan mengalami efek negatif berarti sepanjang para muslimahnya memahami benar esensi dari keikhlasan menjalani fitrah, mengamalkannya secara qanaah sebagaimana yang diuraikan secara gamblang di dalam buku ini. Keikhlasan yang akan mendekatkan pada ridho Allah, serta kebahagiaan dunia dan akhirat. Juga dengan membaca buku ini, insya Allah hati kaum wanita akan tergugah, bahwa mengejar materi di luar rumah sungguh tak sebanding dengan keutamaan fungsi memelihara keluarga dan anak-anak, membentuk keluarga samara dan menghasilkan generasi shaleh dan shalehah.

Satu hadis yang dijadikan acuan penulis, saya kutip sebagai penutup resensi ini : Diriwayatkan dari Anas bin Malik r.a, dari Nabi Saw, beliau bersabda, “Apabila seorang wanita sudah menjalankan shalat lima waktu, menjaga kemaluannya, dan taat kepada suaminya, niscaya ia akan masuk surga dari pintu mana pun yang ia inginkan.”

Meraih syurga untuk seorang muslimah, sesederhana itu.

Tantangan hari ke-1 battle challenge  #31hariberbagibacaan

Majalah Bakti, No. 266  Agustus 2013



MEMBANGUN RELASI SESUAI PETUNJUK NABI
 
Judul             : Belajar Bersahabat: Petunjuk Nabi Agar Menjadi Pribadi Menarik dan Menyenangkan
Penulis          :  Ahmad Mahmud Faraj
Penerjemah   :  Shofia Tidjani
Penerbit        :  Zaman, Jakarta
Cetakan        :  I, 2013
Tebal             :  208 halaman
ISBN            :  978-979-024-342-2
Harga            : Rp. 25.000,-
Globalisasi memberikan dampak negatif, antara lain, saat ini orang cenderung pada individualistik dan komersil. Setiap yang kita lakukan untuk orang lain perlu ada timbal balik. Interaksi yang dibangun tidak berlandaskan hati nurani, melainkan atas materi duniawi semata.
Padahal, Islam tidak semata-mata berupa rutinitas ibadah formal seperti shalat, puasa, zakat, dan sebagainya. Islam juga menyerukan perihal ibadah sosial yang termanifesatasi dalam akhlaq al-karimah. Islam memberikan arahan kepada semua umatnya, agar setiap tindakan yang dilakukannya itu tidak hanya berlandaskan duniawi, tetapi juga ukhrawi dan keridhaan Allah swt.

Relasi Humanis dan Agamis
Suasana kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini, masalah hakikat manusia dan kehidupan semakin santer dibahas. M. Quraish shihab (2009) menyebutkan bahwa cita-cita sosial Islam dimulai dengan perjuangannya menumbuhkan aspek-aspek akidah dan etika dalam diri pemeluknya.
Melalui budi pekerti itu, seseorang akan meraih kesuksesan di mana pun, mulai dari keluarga sampai karier. Karena dengan kepribadian itu dapat membuat orang lain respek, nyaman, dan tertarik. Rasa cinta dan persaudaraan merupakan anugerah dan kasih sayang Allah terhadap orang mukmin.

Kehadiran buku ini setidaknya hendak memberikan jawaban dan tuntunan atas fenomena tersebut. Ahmad Mahmud Faraj mendeskripsikan bagaimana Nabi Muhammad, para sahabat, dan ulama salafush shalih dalam membangun relasi yang humanis sekaligus agamis. Relasi  yang tidak didasari dengan kepentingan pribadi dan duniawi semata. Nuansanya sangat kering dari nilai kemanusiaan, kasih sayang, cinta, kepercayaan, dan kejujuran.
Pada bagian pertama, menyuguhkan tabir rahasia pribadi menyenangkan, cara menjadi person yang ramah, kuat, rendah hati sekaligus diberikan rahmat oleh Allah. Paling dasar yang perlu dilakukan untuk membangun networking adalah memperbaiki diri dan membentuk kepribadian diri sendiri. Yakni dengan cara menaati segala perintah Allah, karena hal itu dapat memperbaiki dan menumbuhkan keseimbangan pada jiwa dan raga.
Penulis menghadirkan teladan-teladan Nabi, para Sahabat dan para salafush shalih dalam menjalin hubungan sosial. Yakni prinsip-prinsip etis sesuai dengan yang diajarkan Nabi Muhammad saw. Selain itu, Mahmud Faraj juga menyertakan kalimat-kalimat motivasi yang membangun semangat dan sangat menggugah jiwa.
Kutipan-kutipan kata-kata hikmah itu tidak sembarangan dimuat di dalam buku ini, tetapi disertakan rujukan kitab diambil dari kitab-kitab klasik. Misalnya, Mahmud Faraj mengutip dari kitab al-Akhlaq wa al-Siyar fi Mudawati al-Nufus karya Ibn Hazm al-Andalusi sekitar tiga belas kata mutiara, salah satunya yang berbunyi, “Jangan mengharapkan orang yang akan meninggalkan anda, karena bisa membuat anda kecewa. Jangan tinggalkan orang yang menginginkan anda karena itu kezaliman.” (halaman 37)
Dalam karya Ibn Maskawih, Tahdzib al-akhlaq wa Tathhir al-‘Araq, Mahmud Faraj mengutip, di antaranya yang berbunyi, “anda adalah bejana yang kedewasaannya ditentukan oleh kata-kata anda. Oleh karena itu, lihatlah diri sendiri, perbaiki kekurangan, dan menghiasi diri dengan perbuatan mulia. Lakukan itu hingga penampilan anda menjadi alami, tanpa pura-pura. Pada saatnya, anda berhak mendapatkan cinta yang abadi.” (halaman 42)
Mengutip dari Imam al-Ghazali dalam Ihya’ ‘Ulum al-Din, Mahmud Faraj menyebutkan bahwa jalinan persahabatan dan persaudaraan yang mengikat di antara dua orang, sehingga memiliki sejumlah hak yang harus ditepati. Mahmud Faraj menyebutkan sekitar tujuh hak persahabatan dan persaudaraan yang harus dilaksanakan. Yakni hak dalam harta, membantu kebutuhannya, memilih diam atau bicara, hak untuk berbicara, memaafkan kekhilafan, hak kesetiaan dan keikhlasan, dan hak meringankan beban, tidak membebani. (halaman 63-72). Selain itu, dia juga menyisir etika dalam Islam yang terdiri dari etika bertamu, etika berkumpul, etika menjamu tamu, etika menikmati hidangan saat bertamu, dan etika berkunjung.
Bagian kedua dari buku ini menampilkan hal-hal yang harus dihindari dalam berinteraksi sosial. Hal-hal yang perlu dihindari dalam menjalin persahabatan di antaranya yaitu menggunjing, berbohong, dengki dan sombong. Disertakan juga kiat-kiat untuk menghadapi orang sombong dan sikap kita saat disakiti berdasarkan al-Qur’an dan hadis.
Adapun bagian ketiga, berisi tentang keteladanan Rasulallah saw, psikologi kenabian dan kalimat-kalimat yang tidak disukai Rasulallah saw dalam berinteraksi sosial. Misalnya, dalam kitab Zad al-Ma’ad dipaparkan beberapa ucapan yang sangat dibenci Rasulallah saw untuk diucapkan, di antaranya, adalah memanggil seorang muslim dengan ucapan, “wahai kafir.” (halaman 205-206).

Buku ini tak hanya membuka rahasia agar potensi itu terwujud dalam pergaulan nyata, tapi juga membimbing setiap muslim untuk membiasakan diri berhias dengan budi pekerti adiluhung. Di dalamnya disertakan kata-kata mutiara dari para sahabat dan ulama yang menggugah jiwa serta kesadaran kita dalam membangun interaksi sosial. Serta diselingi kisah menggugah dan kiat sederhana tapi mengena.
Karya berjudul asli Kayfa Taj’al al-Nas Yuhibbuna, kemudian diterjemahkan dan diterbitkan Penerbit Zaman ini patut untuk dibaca dan dimiliki setiap insane muslim maupun muslimah. Buku mungil tapi serat makna ini menuntun setiap insan tidak hanya menjadi pribadi memikat, tapi juga mulia dan bermartabat. Cara hidup yang diajarkan sungguh relevan bagi zaman modern yang serba materialistik dan individualistik seperti saat ini.
 
 http://belajar-resensibuku.blogspot.com/2013/09/membangun-relasi-sesuai-petunjuk-nabi.html

Resensi novel Musim Gugur Terakhir di Manhattan : Kekuatan apa yang mengalahkan cinta?




Judul : Musim Gugur Terakhir di Manhattan
Penulis : Julie Nava
Tahun : 2011
Penerbit : Lingkar Pena

Apa rasanya jika berhasil nemu buku yang emang 'pas' dengan momen keinginan? Seneng banget tentunya. Dan inilah yang saya alami saat menuntaskan novel bersetting LN ini, hasil dari jalan-jalan instan di Gramedia saat liburan dua tahun lalu. Sebuah novel yang bertutur tentang konflik pra pernikahan antara dua manusia dengan latar belakang agama, ras, kultur dan negara berbeda, juga selipan unsur feminisme wanita modern.


Kisah diawali dengan Rosie yang menerima lamaran dari Anthony, seorang mualaf berkebangsaan Italia, lewat saran dari imam masjidnya. Cara perkenalan yang sudah kita kenal dalam ajaran Islam. Namun dalam kasus Anthony - Rosie, cara semacam ini ternyata tak cukup, karena nyatanya dalam hari-hari yang mereka lalui menjelang pernikahan, ada begitu banyak lika-liku tak terduga yang harus dihadapi, serta kenyataan akan mengelupasnya satu demi satu motif dibalik keinginan menikah satu sama lain, termasuk permasalahan yang dipicu oleh ketidaksepahaman dalam pembuatan perjanjian pranikah yang semakin 'mengukuhkan' ego dan prinsip masing-masing.

Tentu, bukanlah pada cara perkenalan ini yang harus disalahkan, melainkan ada banyak faktor yang pada akhirnya menyebabkan rencana pernikahan mereka kandas hanya dalam tempo beberapa hari jelang pernikahan. Pentingnya meluruskan niat, bisa jadi ini salah satu pesan yang coba diselipkan, karena kedua tokoh cerita, Anthony dan Rosie, menyimpan alasan masing-masing untuk menikah yang lebih didasari pengalaman traumatis, dan dalam kasus Anthony, juga dibumbui kepentingan dan ego, serta konflik terkait kultur keluarga Italia yang kental.

Sampai pada gagalnya pernikahan mereka, saya menganggap bahwa cerita ini sudah sepantasnya tamat, nyatanya belum. Awalnya saya menganggap bahwa kisah pasca episode kegagalan pernikahan ini dengan jalinan antara Rosie dan Marco yang tak lain adalah adik Anthony, seakan penyambung kisah yang sedikit dipaksakan, tak ubahnya sinetron striping yang harus diperpanjang episodenya karena rating yang terus membubung, nyatanya saat sampai di bab-bab penutup, anggapan saya salah. Justru kisah inilah, yang meski pola penuturannya terasa sedikit mengalami peningkatan kecepatan, menjadi penyeimbang dan pelengkap atas tuturan konflik yang telah terjalin sejak awal. Bab-bab penutup ini juga seakan menjadi peneguh, bahwa disaat cinta, ego dan kepentingan saling berpacu di rel yang sama, maka tetaplah cinta yang akan keluar menjadi pemenangnya.

Cinta yang akhirnya menggoyahkan inkonsistensi Anthony yang sempat berniat menceraikan Aurora istrinya setelah sejak awal begitu kukuhnya ia mempertahankan keinginan untuk menikahi Rosie, salah satunya adalah demi mencapai pernikahan yang langgeng dalam sudut pandang dan prinsip seorang Anthony. Cinta yang akhirnya menjadi sebab perpindahan keyakinan Marco (meski Anthony juga berpindah keyakinan karena Rosie, namun anda akan menemukan alasan yang sangat berbeda dari kedua pria ini). Dan cinta juga yang membuat Rosie akhirnya menerima lamaran Marco meski menyadari bahwa Marco berasal dari trah keturunan yang sama dengan Anthony yang jelas-jelas telah melukainya.

Penulis berhasil memadukan konflik multikultural dalam penuturan yang padat dan dialog-dialog yang cerdas. Memang kalau dilihat dari latar belakang, penulis yang berdomisili di AS dan bersuami seorang mualaf Amerika ini telah memiliki jam terbang tinggi dalam mengisi media-media top tanah air juga menulis beberapa hasil riset.

Hal lain yang saya senangi dari novel ini, adalah tokoh-tokohnya yang terasa real, dalam artian tidak satupun tokoh-tokohnya digambarkan serba sempurna (terus terang, meski fiksi, saya masih kurang legowo nrimo penggambaran tokoh yang terlalu perfect) selain tentu aja performanya digambarkan pada keren2, maklum, sebagiannya, tokoh Italiano gitu loh :D Jadi inget sahabat pena saya waktu SMP, seorang Italiano berwajah kocak n kekanakan yang waktu itu sudah kuliah. Andai waktu itu saya punya cukup uang untuk terus berkorespondensi (waktu itu belum ada jejaring sosial via internet, ongkos prangko ke Italia Rp.4.500,-, jumlah yang cukup untuk membeli satu helai t-shirt keren, berbanding prangko surat dalam negeri yang cuma gocap), mungkin aja saya bisa ngalamin kisah pahit-manis seperti halnya Anthony-Rosie *halah mpok, nghayalnya kejauhan* :D

Dan lagi-lagi episode pasca kegagalan pernikahan Anthony dan Rosie menjadi 'penyeimbang' untuk memunculkan sisi-sisi tidak sempurna dari para tokohnya. Pembaca (wanita khususnya) yang sejak awal udah jatuh benci setengah mati sama sosok Anthony, akan menemukan sisi-sisi manusiawi dan kekokohan Anthony mempertahankan tradisi keluarga di bab-bab akhir yang bisa jadi merebut secelah simpati, sebaliknya menganggap sosok Marco (dimata saya) ternyata tak lebih dari sosok pria flamboyan yang beruntung.

Buat teman2 yang menyenangi novel romantis dalam warna berbeda, tidak hanya sekedar bersetting luar negeri tapi juga menghadirkan kisah akan lintas negara, budaya dan agama, novel ini pantas dilirik. Juga buat teman2 penulis yang pernah stay ataupun saat ini menetap permanen di LN, ayo dong bikin novel2 bersetting LN yang ciamik dan bernas, nggak hanya sekedar untuk keren-kerenan semata sementara temanya homogen. Insya Allah banyak peminatnya, saya salah satunya :D

Day-6 battle challenge #31hariberbagibacaan 

AL-QUR’AN PERSPEKTIF MOHAMMED ARKOUN



KAJIAN AL-QUR’AN PERSPEKTIF MOHAMMED ARKOUN
Judul Buku       : Antropologi Al-Qur’an
Penulis              : Baedhowi, M.Ag
Penerbit            : LKiS, Yogyakarta
Cetakan           : Pertama, Agustus 2009
Tebal                : xx + 256 Halaman
Peresensi          : Ahmad Suhendra*)
Sampai saat ini kajian Al-Qur’an masih banyak dilakukan oleh banyak kalangan intelektual muslim maupun non muslim di belahan dunia. Begitu juga, jika “menengok” ke belakang dapat ditemukan bermacam-macam karya para intelektual muslim yang mengulas perihal studi Al-Qur’an. Sebut saja kitab Al-Itqan karya pemikir besar al-Syuyuthi, Al-Burhan fi Ulumi Al-Qur’an karya al-Zarkasyi, dan Manahilu Al’irfan karya al-Zarqani. Karya-karya tersebut tidak hanya masyhur pada masanya, tetapi juga sampai saat ini karya-karya tersebut masih dijadikan sebagai salah satu referensi dalam studi Al-Qur’an.
Namun karya-karya yang sudah lama ada itu dirasakan masih banyak kekurangan, apalagi jika diterapkan dalam kontek kekinian. Sehingga memunculkan kegelisahan tersendiri bagi para intelektual muslim kontemporer. Sehingga mereka mencoba mengkaji ulang atas studi-studi Al-Qur’an yang sudah ada, maupun memberikan “materi” baru dalam studi Al-Qur’an. Mereka ingin mencairkan studi Al-Qur’an yang selama ini selalu dikekang dengan idiologis-politis tertentu. Hal ini menyebabkan pesan universal dalam Al-Qur’an tidak tersampaikan secara menyeluruh.

Beberapa tokoh kontemporer yang mencoba mengkaji ulang (melakukan pembaharuan) atas studi Al-Qur’an, diantaranya adalah Amin al-Khulli, intelektual Mesir yang melopori pendekatan susastra Al-Qur’an, menyatakan dalam sebuah karyanya, bahwa Al-Qur’an merupakan kitab sastra terbesar (Kitab Al’Arabiyah Al-Akbar). Artinya sebelum melangkah pada studi Al-Qur’an lebih jauh, Al-Qur’an harus dianggap sebagai teks sastra suci. Dengan kata lain, seseorang harus menempuh metode pendekatan sastra, agar dapat memahami Al-Qur’an secara proporsional. 
Selanjutnya, Nasr Hamid Abu Zaid, dalam karyanya Mafhum Al-nash (diterjemahkan dengan judul Tekstualitas Al-Qur’an; Kritik terhadap Ulumul Qur’an, LKiS), yang menganggap Aqur’an sebagai sebuah teks yang dapat ditafsirkan secara beragam. Pemilihan kata teks yang merujuk pada Al-Qur’an dimaksudkan untuk menghindari konotasi teologis-mitis dalam studi Al-Qur’an. Dari beberapa tokoh diatas menunjukkan bahwa mereka memiliki tujuan yang mulia dalam mengembangkan Studi Al-Qur’an.
Buku berjudul Antropologi Al-Qur’an ini juga membahas suatu tawaran baru dalam khazanah keilmuan islam, terutama Studi Al-Qur’an. Kajian baru yang diberikan merupakan hasil pembacaan atas pemikiran Mohammed Arkoun, salah satu tokoh intelektual kontemporer terkemuka yang berwarganegara Aljazair. Arkoun merupakan guru besar pemikiran dan kebudayaan islam di Univesitas Sorbonne Nouvelle (Paris III), Prancis. Pemikiran-pemikiran segar yang dilontarkan Arkoun banyak dikaji dalam kalangan akademik. Pemikiran Arkoun juga begitu berpengaruh di lingkungan Perguruan Tinggi Indonesia, terutama Perguruan Tinggi Islam. Sehingga  penulis buku ini, Baedhowi, M.Ag,  mencoba untuk merangkai beberapa hasil pemikiran Arkoun dalam bingkai sebuah buku yang menakjubkan.
Kajian Al-Qur’an yang ditawarkan Arkoun merupakan hasil kolaborasi antara khazanah keilmuan yang sudah ada (konvensional) dengan alat analisis modern, terutama semiotika dan antropologi. Sebelum memulai pada persoalan kajian Al-Qur’an, penulis mengulas sosok Muhammed Arkoun yang dijadikan sebagai tokoh dalam buku ini. Pembahasan perihal kehidupan Arkoun dimulai dari kelahiran, sang tokoh sentral dalam buku ini,  sampai pada kancah karirnya dalam dunia akademik.
Arkoun sangat apresiatif memberikan perhatiannya pada pengetahuan bahasa. Hal ini disebabkan  tradisi dan kebudayaan yang membentuk pola berfikirnya. Sejak kecil Arkoun terbiasa menggunakan tiga bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Pertama, bahasa Kabilia; yang digunakan dalan kehidupan sehari-hari, kedua, bahasa Perancis; digunakan di sekolah dan urusan administratif, dan, ketiga, bahasa Arab; digunakan di lingkungan masjid dan urusan yang berkaitan dengan Islam (Halaman 4). Berpijak dari pengalamannya itu  tema-tema pemikiran Arkoun banyak terkait dengan bahasa. Arkoun terobsesi untuk menggabungkan bahasa dengan persoalan kemanusian. Karena selama ini ilmu kebahasaan belum menyentuh permasalahan-permasalahn manusia, yang ada malah berjalan masing-masing seolah tidak saling terkait. Sehingga Arkoun dalam hal ini menggunakan semiotika dan antropologi sebagai pendekatan untuk mengkaji Al-Qur’an. Hal ini juga disebabkan Al-Qur’an merupakan kitab primer yang mengandung simbol,  konsep, dan metafor dalam setiap untaian kata yang saling berkaitan.
Semiotika adalah ilmu yang mengkaji tentang tanda dan segala yang berkaitan dengannya, yang meliputi : cara bagaimana ia berfungsi, hubungannya dengan tanda-tanda lain, serta bagaimana cara pengiriman dan penerimaannya. Dalam kaitannya dengan wahyu Ilahi, Allah adalah pengirim pesan, sementara manusia adalah penerima pesan, yang kalau direfleksikan akan sampai ke tanda-tanda kekuasaan Tuhan (halaman 186). Analisis Semiotika sangat bermanfaat untuk mengkaji teks-teks keagamaan, khususnya Al-Qur’an. Karena dengan semiotika dapat melihat makna teks secara global, selain juga dapat mengetahui keterkaitan antara teks yang satu dengan yang lain (munasabah al-ayat). Tokoh lain yang menggunakan semiotika sebagai alat analisis untuk mengkaji Al-Qur’an adalah Mahdi Ghulsyani. Namun perbedaannya terletak pada sasaran objeknya. Jika Mahdi Ghulsyani lebih pada ayat-ayat perihal fenomena alam, sedangkan Arkoun pada fenomena sosial keagamaan.
Selanjutnya yang menjadi perhatian Arkoun adalah disiplin antropologis. Penggunaan disiplin itu didasarkan adanya peralihan budaya lisan menjadi budaya tulis, kemudian “diakhiri” dengan pembukuan mushaf standar. Sejak masa Utsman bin Affan, tepatnya sejak adanya pemusnahan mushaf, selain mushaf utsmani, sampai sekarang Al-Qur’an telah menjadi korpus tertutup. Hal ini seolah-olah meniadakan adanya keragaman bacaan dan dialektika dalam Al-Qur’an. Selain itu, adanya cerita-cerita (qashas) dalam Al-Qur’an juga menjadi pertimbangan Arkoun menggunakan disiplin antropologi dalam kajiaannya.
Makna universal tidak akan tersalurkan jika penafsiran yang ada masih cenderung untuk mengikuti arus idiologi dn politik kekuasaan tertentu. Buku ini hadir dengan mengkaji pemikiran Arkoun atas berbagai persoalan keislaman serta pembacaan dan pemahaman Al-Qur’an. Sekaligus memperkenalkan metode dan model penafsiran Arkoun, yang ingin membebaskan wacana Islam dan wacana Qur’aniah dari belenggu-belenggu idiologis dan kepentingan-kepentingan politis.
*) Perensensi adalah Mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.