Tuesday 29 October 2013

Tugas Komputer

1. Perkembangan Komputer secara Umum
Sejarah Perkembangan Komputer – Laptop dan tablet adalah salah satu alat elektronik yang memiliki kecanggihan yang bisa digunakan untuk mengetik, menghitung atau melakukan pekerjaan lainnya. Dan dulu semua pekerjaan tersebut hanya bisa dilakukan oleh komputer desktop. Dengan berkembangnya waktu dan dunia elektronik yang semakin canggih, komputer pun semakin berkembang, baik dari segi design hingga kemampuannya. Padahal Sejarah Perkembangan Komputer dulunya digunakan sebagai alat hitung untuk membantu penghitungan angka-angka hingga akhirnya menjadi perangkat multifungsi seperti saat ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa kini sudah mengerti  fungsi dan manfaat dari komputer, akan tetapi mungkin sebagian besar orang juga masih banyak yang belum tahu tentang sejarah komputer hingga perkembangan komputer itu sendiri.

Sejarah Perkembangan Komputer

sejarah perkembangan komputer
Sejak dahulu manusia memang membutuhkan alat bantu hitung. Mulai dari perbintangan, perdagangan atau pekerjaan lainnya sangat membutuhkan alat bantu hitung. Dan menurut para ahli sejarah, alat hitung yang pertama dibuat oleh manusia adalah Abacus atau Sipoa yang ditemukan 25 ribu tahun yang lalu oleh bangsa China, dan sampai saat ini pun sipoa masih digunakan. Berbeda dengan bangsa peru dan inca yang  menggunakan quipus dan berbentuk berupa tali simpul, di tiap simpulnya melambangkan bilangan tertentu. Lalu setelah tahun 1642 di Perancis, Blair Pascal berhasil menciptakan sebuah mesin hitung yang hanya dapat digunakan untuk operasi hitung penjumlahan saja yang diberi nama Adding Machine, hingga kemudian disempurnakan  oleh Von Leibnitz untuk melakukan operasi matematik yang lainnya pada tahun 1673.
Sejak ditemukannya listrik oleh M. Faraday, kemudian munculah era komputer elektronik, sehingga berkembang alat-alat yang menggunakan tenaga listrik termasuk komputer. John Atanasoff dari AS pada tahun 1942 adalah orang pertama yang merancang komputer elekhtonik dan hingga saat ini pun terus berkembang.
Era perkembangan komputer sendiri dibagi menjadi beberapa periode, yaitu:
Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
  • Komponen utama menggunakan lampu tabung.
  • Ukuran per unit komputer masih sangat berat dan besar.
  • Membutuhkan alat pendingin yang banyak karena cepat panas.
  • Boros listrik.
  • Proses relatif masih lambat.
  • Ketepatan hasil proses masih rendah.
  • Kapasitas data masih kecil.
Komputer Generasi Kedua (1959-1965)
Komponen utama penyusun komputer adalah transistor yang lebih unggul segalanya dibanding tabung hampa namun harga jual murah, serta kelemahan pada generasi pertama dapat diperbaiki.
Komputer Generasi Ketiga (1965-1970)
IC (Integrated Circuits) atau rangkaian terpadu menggantikan fungsi dari transistor. Dari sekeping IC, dapat menggantikan beberapa transistor, diode dan resistor secara sekaligus, sehingga memiliki kinerja yang lebih baik daripada generasi sebelumnya. Meskipun ukurannya lebih kecil, namun kecepatannya makin tinggi, kapasitas lebih besar dan memungkinkan untuk berkomunikasi antar komputer.
Komputer Generasi Keempat (1970- )
Komponen utama komputer sudah menggunakan VLSI (Very Large Scale IC) yaitu IC yang kemampuannya ditingkatkan sampai ratusan bahkan ribuan kali dengan ukuran fisik yang semakin lebih kecil.
Komputer Generasi Kelima
Kini para pakar komputer merancang dan memikirkan bagaimana membuat komputer dengan komponen utama, yaitu AI (Artificial Intelligence) atau kepandaian buatan yang dapat menentukan sikap sendiri jika akan menerima data, serta untuk apappun data tersebut adalah atas inisiatif sendiri dan akan terus berkembang hingga saat ini.

2.  Ciri Komputer beberapa Generasi 
1)Ciri-ciri komputer dari generasi pertama :
.)Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.

.)Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.

.)Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.

.)Cepat panas.

.)Proses kurang cepat.

.)Kapasitas penyimpanan kecil.

.)Memerlukan dya listrik yang besar.

.)Orientasi pada aplikasi bisnis.

.)Silinder magnetik untuk menyimpan data




2)Ciri-ciri komputer generasi kedua

.) Menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan diode untuk menggantikan tabung vakum.
.) Sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN dan COBOL.
.) Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
.) Menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
.) Kemampuan melakukan proses real time dan real-sharing.
.) Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibanding komputer generasi pertama.
.) Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu jutaan operasi perdetik.
.) Kebutuhan daya listrik lebih kecil.
.) Orientasi program tidah hanya tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga aplikasi teknik.
Komputer yang sudah ada di generasi kedua:UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600.



3)Ciri-ciri komputer generasi ketiga :

.)Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuits).

.) Peningkatan dari softwarenya.

.) Pemrosesan lebh cepat.

.) Kapasitas memori lebih besar.

.) Penggunaan listrik lebih hemat.

.) Bentuk fisik lebih kecil.

.) Harga semakin murah




4)Ciri-ciri komputer generasi keempat:

.)Menggunakan Large Scale Integration (LSI).

.) Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.

Komputer generasi keempat diantaranya adalah :

.) IBM 370

.) Apple II

.) IBM PC/XT, IBM PC/AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486

.) IBM Pentium II




5)Ciri-ciri komputer generasi kelima :

komputer paralel yang berarti memungkinkan banyak CPU bekerja sama membentuk suatu jaringan yang efisien. Selin itu ditemukannya superkonduktor yang memungkinkan aliran listrik mengalir tanpa hambatan sedikitpun sehingga dapat meningkatkan kecepatan informasi yang di dapat. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikan keberadaan komputer generasi kelima ini.



6)KOmputer Generasi ke-6

Generasi komputer ke-enam merupakan generasi komputer masa depan. Coba bayangkan bagaimana teknologi komputer di masa depan, bisakah Anda membayangkannya? Saat ini saja dengan komputer di hadapan kita, segala pekerjaan dapat kita kerjakan dengan mudah. Kita bisa browsing apa saja yang kita butuhkan dengan komputer saat ini. Dengan teknologi saat ini saja, kita seolah-olah sudah bisa menggenggam dunia.
Gambaran komputer masa depan dapat dibayangkan seperti pada gambar di bawah ini.
Para ahli sedang mengadakan penelitian untuk membuat mikrooptik dan input-output audio yang memungkinkan untuk dipasang dalam komputer masa depan. Selain itu, saat ini para ahli sedang mencoba untuk merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh user. Komputer tanpa program (programless computer) inilah yang nantinya mungkin menjadi ciri utama generasi komputer masa depan yang sangat canggih. Selain itu, komputer generasi ke-enam ini menggunakan komponen ULSI (Ultra Large Scale Integration) yang dapat memuat hingga jutaan komponen dalam suatu chip tunggal.

Disisi teknologi yang lain, beberapa ahli komputer mempunyai keyakinan bahwa suatu saat akan tercipta biochip yang terbuat dari protein sitetis. Rencananya, biochip ini akan ditanam pada robot dan robot yang ditanami biochip ini akan menjadi manusia tiruan. Sungguh luar biasa teknologi komputer dimasa mendatang.

Kemungkinan Komputer Masa Depan

Ciri-ciri komputer masa mendatang di antaranya adalah lebih canggih dan lebih murah serta memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihannya lagi, komputer memiliki kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan dari komputer yang ada dihadapan Anda saat ini.

Pada perkuliahan sebelumnya, telah dijelaskan mengenai arsitektur dan organisasi komputer dimana yang paling sering berubah adalah organisasi komputer, sedangkan arsitektur dari komputer relatif sama dari generasi ke generasi. Namun, pada perkembangan komputer generasi ke-enam ini, komputer mengalami perubahan arsitektur serta organisasi komputer sekaligus. Karena arsitekturnya berubah maka organisasi dari komputer generasi ini juga berubah.

Dari segi arsitektur, komputer generasi ke-enam ini tidak lagi terdapat program atau yang disebut dengan programless computer. Jadi komputer ini tidak lagi membutuhkan penulisan dan pembuatan program oleh programmer.

Dari segi organisasi, komputer generasi ini akan semakin kecil dan kemampuannya semakin canggih seperti kemampuan melihat, mendengar, berbicara dan lain sebagainya.


3. Cara Kerja Komputer
Cara kerja komputer secara garis besar terbagi ke dalam tiga golongan yaitu :
  1. Input
  2. Process
  3. Output

  1. Input, yaitu Media yang digunakan untuk memasukan data ke dalam process, media ini seperti Keyboard,Mouse,Tave Recorder, HandyCam, CAM dan lain-lainnya.
  2. Process, yaitu suatu alat yang digunakan untuk memproces data dari Input yang nantinya akan di keluarkan ke system Output. Proces ini berperan penting dalam system Komputer. Media untuk process yang sudah menjadi system yang utuh yaitu biasa kita kenal dengan Mainboard atau sering disebut dengan Motherboard. dimana di dalam mainbord ini sudah termasuk di dalamnya yaitu CPU (Central Processing Unit), biasanya orang menyebut CPU itu adalah sudah dalam satu kemasan beserta Casingnya yang berbentuk kotak yang lengkap didalam nya. Sebenarnya jantung dari semua proces data itu terletak pada inti yang bernama yaitu Processor, Processor ini merupakan komponen Elektronika yang sudah terprogram dengan rangkaian-rangkain logika di dalamnya. contoh processor misalnya Pentium 1, pentium 2, sampai dengan pentium 4 dan yang lebih populer sekarang ini pentium Core 2 duo atau core Duo.
  3. Output, yaitu media keluaran dimana media ini adalah untuk menampilkan hasil data dari proces tersebut, media Output ini berupa PRinter, Plotter, dll.

secara garis besar prinsip kerja ini dapat dilihat pd gambar di bawah ini :

data yang datang pada media Input merupakan data digital yang merupakan bilangan Biner ( yaitu bilangan yang habis di bagi dengan dua ) dimana bilangan ini hanya mengenal angka 0 dan 1. data yang datang ke proces merupakan kombinasi dari angka 0 dan 1, yang berbentuk 8 bit data, atau 16 bit atau juga 32 bit,tergantung dari sistem komputer yang digunakan dan processornya pun demikian 8 bit, 16 bit atau 32 bit, BIT ( Binary Digit ).

4. Cara menghidupkan Komputer


Menghidupkan Komputer

  1. Pastikan komputer dan monitor sudah terhubung ke listrik. Nyalakan stabilizer dengan menekan switch power sampai lampu indikator menyala dan jarum penunjuk bergerak ke kanan.
  2. Nyalakan juga komponen yang terhubung langsung dengan listrik, misalnya monitor, printer, atau speaker.
  3. Cari bagian depan CPU, temukan dua tombol yang bisa ditekan
  4. Tombol untuk menghidupkan komputer biasanya mempunyai ciri-ciri:
    • Bentuknya lebih besar
    • Bertuliskan Power
    • Jika tidak ada tulisannya, terdapat gambar  di dekat tombol
  5. Tombol lain adalah tombol Reset yang berguna untuk membebaskan komputer dari kondisi Hang dengan memulai ulang komputer tanpa mematikannya. Ciri-cirinya: a. Bentuknya lebih kecil, bahkan kadang-kadang sangat kecil. Bertuliskan Reset
  6. Pada komputer produksi lama (1997 ke bawah), penekanan tombol Power harus cukup kuat (biasanya sampai berbunyi Klik). Namun untuk komputer generasi terakhir (produksi 1997 sampai sekarang), penekanan tombol Power cukup dengan sentuhan lembut, sampai lampu indikator menyala.
  7. Bila terdengar bunyi Bip satu kali, maka komputer sudah hidup dan siap melanjutkan ke tahap sistem operasi (Windows) 
 5. Mematikan Komputer

Mematikan Komputer

  1. Pada sistem operasi Windows, mematikan komputer disebut Shut Down. Ada beberapa cara shutdown dalam Windows:
    1. Menggunakan mouse, klik tombol Start,, lalu tunjuk pada pilihan Shut Down (paling bawah) pada menu dan klik (tombol kiri), lalu akan muncul tampilan seperti di bawahkemudian pilih opsi Shut down the computer? dan klik tombol Yes

    2. Tekan tombol bergambar  di keyboard, lalu tekan U, gunakan tombol panah untuk memilih opsi Shut down the computer?, dan tekan Enter
    3. Tekan tombol Ctrl + Esc, lalu lakukan seperti di atas.
    4. Tekan tombol Alt + F4, lalu lakukan seperti di atas.
  2. Akan muncul tampilan berbunyi Windows is Shutting Down...Please Wait. Setelah beberapa saat komputer akan mati dengan sendirinya.
    (Catatan: Pada komputer produksi lama (1997 ke bawah), tampilan di atas akan diikuti tampilan It's Now Safe to Turn Off Your Computer. Tekan tombol Power untuk mematikan komputer.)
  3. Matikan stabilizer dan bagian lain (monitor, printer, speaker) 
 6. Manfaat Komputer dalam kehidupan

Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan –pekerjaan manusia diantaranya adalah :

1. Bidang Pendidikan

Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah.

Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.

2. Bidang Kesehatan

Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.

3. Bidang Transportasi

Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.

Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.

4. Bidang Jasa Pengiriman Barang

Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.

5. Bidang industri Otomotif

Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.

6. Bidang Jasa Konstruksi

Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.

7. Bidang Jasa Percetakan

Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.

8. Bidang Industri Perfilman

Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.

9. Bidang Industri Rekaman

Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.

10. Bidang Pertahanan dan Keamanan

Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.

11. Bidang Olah Raga

    Pertandingan sepak bola piala dunia di tayangkan oleh satelite yang di hubungkan dengan pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di belahan bumi, sehingga acara olah raga sedunia itu bisa dinikmati oleh semua orang.

12. Pabrik Sepatu

  Proses pembuatan sol sepatu dalam berbagai ukuran dan detail bentuknya dikerjakan dengan cara dan system komputer. Pertama-tama model dikerjakan dengan progam CADCAM untuk mendaesain sol sepatu dari berbagai ukuran kemudian di cetak dan di jadikan Mall cetakan untuk proses selanjutnya dengan penambahan bahan dari kulit dan kemudian dijahit dan diberi stiker atau logo yang dikerjakan dengan komputer.

 

 7

Friday 25 October 2013

Planet di Tata Surya


PLANET-PLANET DI TATA SURTA DAN PENJELASANNYA

Gambar
     MATAHARI
Matahari adalah bola raksasa yang terbentuk dari gas hidrogen dan helium.[1] Matahari termasuk bintang berwarna putih yang berperan sebagai pusat tata surya.[2][3][4] Seluruh komponen tata surya termasuk 8 planet dan satelit masing-masing, planet-planet kerdil, asteroid,komet, dan debu angkasa berputar mengelilingi Matahari. [5] Di samping sebagai pusat peredaran, Matahari juga merupakan sumber energiuntuk kehidupan yang berkelanjutan.[6] Panas Matahari menghangatkan bumi dan membentuk iklim, sedangkan cahayanya menerangi Bumiserta dipakai oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis.[6] Tanpa Matahari, tidak akan ada kehidupan di Bumi karena banyak reaksi kimia yang tidak dapat berlangsung.[6]
garis tengah ; 1392.000 km
volume         : 1303.600 isi bumi
kepadatan   : 1,41 (Air = 1)
massa    : 333.000 massa bumi
daya tarik : 28 daya tarik bumi
kecepatan edar : 618 km/detik
periode rotasi : 25,38 hari
mengitari galaxi : 225 milyar tahun
kecepatan pada orbit : 250 km/detik
Gambar
  MERKERIUS
Merkurius adalah planet terkecil di dalam tata surya dan juga yang terdekat dengan Matahari dengan kala revolusi 88 hari. Kecerahan planet ini berkisar di antara -2 sampai 5,5 dalam magnitudo tampak namun tidak mudah terlihat karena sudut pandangnya dengan matahari kecil (dengan rentangan paling jauh sebesar 28,3 derajat. Merkurius hanya bisa terlihat pada saat subuh atau maghrib. Tidak begitu banyak yang diketahui tentang Merkurius karena hanya satu pesawat antariksa yang pernah mendekatinya yaitu Mariner 10 pada tahun 1974 sampai 1975. Mariner 10 hanya berhasil memetakan sekitar 40 sampai 45 persen dari permukaan planet.
Mirip dengan Bulan, Merkurius mempunyai banyak kawah dan juga tidak mempunyai satelit alami serta atmosfir. Merkurius mempunyai inti besi yang menciptakan sebuah medan magnet dengan kekuatan 0.1% dari kekuatan medan magnet bumi. Suhu permukaan dari Merkurius berkisar antara 90 sampai 700 Kelvin (-180 sampai 430 derajat Celcius).
garis tengah : 4850 KM
volume  : 0,054 isi bumi
kepadatan   :5,4 ( Air = 1)
massa    :0,055 massa bumi
daya tarik :0,37 daya tarik bumi
jarak ke matahari : 58,000.000 km
kecepatan edar : 4,2 km/detik
periode rotasi : 59 hari
mengitari matahari : 87,97 hari
kecepatan pada orbit : 42,9 km/detik
satelit : tidak ada
Gambar
          VENUS
Venus atau Bintang Kejora adalah planet terdekat kedua dari matahari setelah Merkurius. Planet ini memiliki radius 6.052 km dan mengelilingi Matahari dalam waktu 225 hari. Atmosfer Venus mengandung 97% karbondioksida (CO2) dan 3% nitrogen, sehingga hampir tidak mungkin terdapat kehidupan.Arah rotasi Venus berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lain. Selain itu, jangka waktu rotasi Venus lebih lama daripada jangka waktu revolusinya dalam mengelilingi Matahari.
garis tengah : 13.140 KM
volume  : 0,88 isi bumi
kepadatan   :5,2 ( Air = 1)
massa    :0,82 massa bumi
daya tarik :0,88 daya tarik bumi
jarak ke matahari : 108.000.000 km
kecepatan edar : 10,3 km/detik
periode rotasi : 244 hari
mengitari matahari : 224,7 hari
kecepatan pada orbit : 35,0 km/detik
satelit : tidak ada
Gambar
                    BUMI
Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 milyar tahun. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149.6 juta kilometer atau 1 AU (ing: astronomical unit). Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin matahari, sinar ultraungu, dan radiasi dari luar angkasa. Lapisan udara ini menyelimuti bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan Eksosfer.
garis tengah : 1.756 KM
volume  : 1,08106 cu KM
kepadatan   :5,52 ( Air = 1)
massa    :5,98 x 102 ton
jarak ke matahari : 149.000.000 km
kecepatan edar : 0,5 km/detik
periode rotasi : 365 hari
satelit : 1 yaitu bulan
Mars-geology
MARS
Mars adalah planet terdekat keempat dari Matahari. Namanya diambil dari dewa perang Romawi, Mars. Planet ini sering dijuluki sebagai “planet merah” karena tampak dari jauh berwarna kemerah-kemerahan. Ini disebabkan oleh keberadaan besi(III) oksida di permukaan planet Mars.[6] Mars adalah planet bebatuan dengan atmosfer yang tipis. Di permukaan Mars terdapat kawah, gunung berapi, lembah, gurun, dan lapisan es. Periode rotasi dan siklus musim Mars mirip dengan Bumi. Di Mars berdiri Olympus Mons, gunung tertinggi di Tata Surya, dan Valles Marineris, lembah terbesar di Tata Surya. Selain itu, di belahan utara terdapat cekungan Borealis yang meliputi 40% permukaan Mars.[7][8]
garis tengah : 6790 KM
volume  : 0,15 isi bumi
kepadatan   :3,9 ( Air = 1)
massa    :0,11 massa bumi
daya tarik :0,38 daya tarik bumi
jarak ke matahari : 228.000.000 km
kecepatan edar : 5,0 km/detik
periode rotasi : 24 jam, 37 detik
mengitari matahari : 687 hari
kecepatan pada orbit : 24,1 km/detik
satelit :  2
jupiter-altair
JUPITER
Yupiter atau Jupiter adalah planet terdekat kelima dari matahari setelah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Jarak rata-rata antara Jupiter dan Matahari adalah 778,3 juta km. Jupiter adalah planet terbesar dan terberat dengan diameter ekuatornya 14.980 km dan memiliki massa 318 kali massa bumi. Periode rotasi planet ini adalah 9,8 jam, sedangkan periode revolusi adalah 11,86 tahun. Volume Jupiter 1.319 kai volume Bumi
garis tengah : 142,600 KM
volume  : 1,316 isi bumi
kepadatan   :1,34  ( Air = 1)
massa    :317,8 massa bumi
daya tarik :2,64 daya tarik bumi
jarak ke matahari :778.000.000 km
kecepatan edar : 61 km/detik
periode rotasi : 9 jam, 55M menit
mengitari matahari : 11,9 tahun
kecepatan pada orbit :13,1 km/detik
satelit :  16
saturnus1
SATURNUS
Saturnus adalah planet keenam dari Matahari dan planet kedua terbesar di tata surya, setelah Jupiter. Saturnus, bersama-sama dengan Jupiter, Uranus dan Neptunus, diklasifikasikan sebagai sebuah planet bergas.
Saturnus berasal dari bahasa Arab tetapi jika dilihat dalam Bahasa Inggris, dikenal sebagai planet Saturnus, diambil dewa Romawi, Saturnus, yang menyerupai Yunani Kronos (Titan bapa Zeus) dan juga Babylon yaitu Ninurta. Simbolnya adalah sabit dewa dalam bentuk ringkas stylized).
garis tengah : 120.000 KM
volume  : 755  isi bumi
kepadatan   :0,70  ( Air = 1)
massa    :95,2 massa bumi
daya tarik :1,2 daya tarik bumi
jarak ke matahari :1427.000.000 km
kecepatan edar : 37 km/detik
periode rotasi : 10-14 jam
mengitari matahari : 11,9 tahun
kecepatan pada orbit :9,6 km/detik
satelit :  23
planet uranus
URANUS
Uranus adalah planet ketujuh dari Matahari dan planet yang terbesar ketiga dan terberat keempat dalam Tata Surya. Ia dinamai dari nama dewa langit Yunani kuno Uranus (Οὐρανός) ayah dari Kronos (Saturnus) dan kakek dari Zeus (Jupiter). Meskipun Uranus terlihat dengan mata telanjang seperti lima planet klasik, ia tidak pernah dikenali sebagai planet oleh pengamat dahulu kala karena redupnya dan orbitnya yang lambat. Sir William Herschel mengumumkan penemuannya pada tanggal 13 Maret 1781, menambah batas yang diketahui dari Tata Surya untuk pertama kalinya dalam sejarah modern. Uranus juga merupakan planet pertama yang ditemukan dengan menggunakan teleskop.
garis tengah : 49.000 KM
volume  : 52  isi bumi
kepadatan   :1,58 liter  ( Air = 1)
daya tarik :1,1 daya tarik bumi
jarak ke matahari :2.870.000.000 km
kecepatan edar : 22 km/detik
periode rotasi : 16-28 jam
mengitari matahari : 84,0 tahun
kecepatan pada orbit :6,8 km/detik
satelit :  5
neptunus
                NEPTUNUS
Neptunus merupakan planet terjauh (kedelapan) jika ditinjau dari Matahari. Planet ini dinamai dari dewa lautan Romawi. Neptunus merupakan planet terbesar keempat berdasarkan diameter (49.530 km) dan terbesar ketiga berdasarkan massa. Massa Neptunus tercatat 17 kali lebih besar daripada Bumi, dan sedikit lebih besar daripada Uranus.[7] Neptunus mengorbit Matahari pada jarak 30,1 SA atau sekitar 4.450 juta km. Periode rotasi planet ini adalah 16,1 jam, sedangkan periode revolusinya adalah 164,8 tahun. Simbol astronomisnya adalah ♆, yang merupakan trident dewa Neptunus.
garis tengah : 50.200KM
volume  : 44 isi bumi
kepadatan   :2,30  ( Air = 1)
massa    :17,2 massa bumi
daya tarik :1,4 daya tarik bumi
jarak ke matahari :4.497.000.000 km
kecepatan edar : 25 km/detik
periode rotasi : 18-20 jam
mengitari matahari : 164,8 tahun
kecepatan pada orbit :5,4 km/detik
satelit :  2

Wednesday 16 October 2013

Nilai UTS Sem Ganjil 2013 2014

Nilai Ujian Tengah Semester Ganjil
Tahun pelajaran 2013/2014

Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas : X
X A, X B, X C, X D

Kelas : XI
XI IPA, XI IPS 1, XI IPS 2

Kelas XII
XII IPA 1, XII IPA 2, XII IPS 1, XII IPS 2


Mata Pelajaran :TIK
Kelas : X, XI IPS, XII IPS

dapat dilihat disini

Thursday 10 October 2013

Soal UTS Online

SOAL UTS (REMEDIAL) BAHASA ARAB ONLINE


Langkah-langkahnya:
1. Klik Soal Remedial yang ada sesuai dengan Kelasnya
2. Isilah Semua Tabel isian atau soal dengan cara mengklik atau menandai dengan mouse
3. Tulis Nama, Kelas dan Remedial
4. Klik jawaban soal pada pilihan jawaban yang benar
5. Setelah semua terisi klik pada Pilihan Kirim
6. Selesai, semoga Anda Tuntas.


Soal Ulangan Tengah Semester
Remedial Bahasa Arab
1. Kelas X Semester 1
2. Kelas XI Semester 3
3. Kelas XII Semester 5



Tertanda,
Tenaga Pendidik Bahasa Arab 

Saturday 5 October 2013

Contoh Soal Ujian Tengah Semester



A. جَاَكرْتَا
B. َاْلُأسْرَةُ
C. التَّعَارُفُ
D. َاْلمَدْرَسَةُ
E. التَّعَلُّمُ
َأحْمَدُمُهَنْدِسٌ, وَعَلِيُّمُدَرِّسٌفِيالْمَدْرَسَةِالثَّانَوِيَّةِ,
وَعُْثمَاُنيَعْمَلُفِيالْمَزْرَعَةِ.
مَامِهْنَةُعُْثمَاُن؟هُوَ ...
A. َفلاَّحٌ
B. َطبِيْبٌ
C. مُدَرِّسٌ
D. مُهَنْدِسٌ
E. صَحَفِيٌّ
عَيِّنَْأصَحَّالتَّرْتِيْبِمِنَالْكَلِمَاتِالَْأتِيَةِ!
يَقْرَأَُالْمَكْتَبَةِ - َأحْمَدُْاَلمجَلََّةفِي
A. يَقْرَُأالْمَجَلََّةَأحْمَدُالْمَكْتَبَةِفِي
B. يَقْرَأَُأحْمَدُالْمَجَلََّةفِيالْمَكْتَبَةِ
C. يَْقرٌَُأفِيالْمَجَلََّةَأحْمَدُالْمَكْتَبَةِ
D. يَقْرَأُفِيَْأحْمَدُالْمَكْتَبَةِالْمَجَلََّة
E. الْمَكْتَبَةِيَقْرَأَُأحْمَدُالْمَجَلََّةفِي
َأيْنَيَجْلِسُالتََّلامِيُْذ؟
... يَجْلِسُوَْنعََلىاْلمَْقعَدِ.
A. َأنْتَ
B. هُوَ
C. هِيَ
D. هُنَّ
E. هُمْ
َذهَبَتْعَائِشَةُاَِلىاْلمُسْتَشَْفى
مَامَوْقِعُالْاِعْرَابِمِنَالَْكلِمَةِالَّتِيْتَحْتَهَاخَطٌّ؟
A. فِعِلْ
B. َفاعِْل
C. مَْفعُوْلبِهِ
D. خَبَرْ
E. مُبْتَدَاءْ
ُأنُْظرْاَِلىالصُّوْرَةِ!
مَاسْمَُاَلةِالْمُوَاصَلَاتِفِيْهَذِهِالصُّوْرَةِ؟
A. َالسَّفِيْنَةُ
B. َالْجَواََّلةُ
C. َالطَّائِرَةُ
D. َاْلقَِطارُ
E. َالسَّيَّارَة
... فِيصَاَلةِاْلاِنْتَِظارِ
A. يَبِيْعُالْبَائِعُالْحيواَن
B. يَشْتَرِىالسُّكَّاُنالسَّمَكَ
C. يَشْقِىاْلبُسْتَانِيُّاْلَازْهَارَ
D. يَزْرَعُالْفَلَّاحُالْخُضْرَوَاتِ
E. يَقْرَأُالْمُسَافِرُالْجَرِيْدََ
َأمِنَةُتَجْلِسُفِيالَْفصْلِالثَّالَِثفِيالْمَدْرَسِةِالثَّانَوِيَّةِاْلحُُكوْمِيَّةِ،هي ...
A. تَاجِرٌَة
B. مُدِيْرٌَة
C. طَالِبٌَة
D. مُدَرِّسٌَة
E. خَادِمٌَ
+ : ... تََقعُالْمَجَلَّاتُوَالُْكتُبُفِياْلمَْكتَبَةِ؟
- : َالْمَجَلَّاتُعََلىاْلمَْكتَبوَالُْكتُبُعََلىالرَّفِّ
A. َكمْ
B. َأيْنَ
C. َكيْفَ
D. لَِأيِّشَيْئٍٍٍ
E. لمَِاَذا
اِسْمِيْعُْثمَاُن, عُنْوَانِيفِيشَارِعَِأحْمَدْيَانِيرَقْمٌ٢٧جَاَكرْتَاالشَّرْقِيَّةِ
مَامَعْنَى "عُنْوَانِي" فِيالقراءةالسَّابَِقةِ؟
A. Alamatku
B. Sekolahku
C. Orangtuaku
D. Namaku
E. Jakartaku
مِنْعَلاَمَاتِالْبَيْتِالَْكِبيِْرأَنْيَكُوْنََلهُ .... . 1
a. أَبْوَابٌَكثِيْرَةٌوَمُتَنَوِّعٌَة
b. شَبَاِبيْكَُكثِيْرَةٌوََكِبيْرَةٌ
c. أَعْمِدَةٌَطِويَْلٌةوََكِبيْرَةٌ
d. مَصَاِبيْحَُكثِيْرَةٌوَمُتََلوِّنٌَة
e. غُرَفٌَكثِيْرَةٌوََكِبيْرَةٌ
عِنْدِيْأُسْرَةٌسَعِيْدَةٌ. أَعْضَاءُأُسْرَتِي: أَخِيوَأُخْتِيوَأَِبيوَأُمِّي.
وَُكلُّأَفْرَادِأُسْرَتِيخَمْسٌَة.
؟ ....
2.
a. أَيْنَأَعْضَاءُأُسْرَتِي
b. َكمْعَدَدَأَفْرَادِأُسْرَتِي
c. هَْلأَفْرَادُأُسْرَتِيخَمْسٌَة
d. اُذُْكرْمِنْأُسْرَتِكُمْوََكمُْكلُّأَفْرَادِأُسْرَتِكُمْ
e. هَْلتُصَدِّقُأَنَّأُسْرَتِيُكلُّهُمْخَمْسٌَ
ذَهَبَتْفَاطِمَةُيَوْمَالأَحَدِاْلمَاضِيإَِليجُنَيْنَةِالْحَيَوَانَاتِ. شَارََكتْ
فَاطِمَةُوَالِدَاهَا. أَرَادَتْفَاطِمَةُأَنْتَكْتُبَمَقَاَلًةعَِنالْوُحُوْشِفِي
إِنْدُوِْنيْسِيَا.
+ لأَيَِّغرَضٍذَهَبَتْفَاطِمَةُإَِليجُنَيْنَةِاْلحَيَوَانَاتِ؟
- ذَهَبَتْفَاطِمَةُ ... عَِنالْحَيَوَانَاتِالْوَحْشِيَّةِ.
3.
a. لِلنََّظِر
b. لِلشِّرَاءِ
c. لِلْبَحْثِ
d. لِلْبَيِْع
e. لِلدَّفِْع
يَعِيْشُالنَّاسُسُعَدَاءَإِذَاتَعَاوَنُوْاوَ ... بَعْضُهُمْبَعْضًا. . 4
a. تََذاكَرُوْاوَتَخَاوَُفوْا
b. تَشَاوَرُوْاوَتَوَاصَوْا
c. تََكارَمُوْاوَتَرَاحَمُوْا
d. تَحَافَُظوْاوَتَسَامَعُوْا
e. تََكاَلمُوْاوَتَرَاحَبُوْا
الْمُدَرِّسُ : أَيْنَتََقعُِبَلادُنَاإِنْدُوِْنيْسِيَا؟
الطَّلِبُ : هِيَتََقعُبَيْنَالْقَارَّتَيِْن: آسِيَاوَأُسْترَالِيَاوَبَيْنَالْمُحِيَْطيِْن
اْلِهنْدِيوَاْلهَادِي
الْمُدَرِّسُ : نَعَمْ،وَالآنَأَعِدِالْجَوَابَيَاعُمَرُ!
عُمَرُ : هِيَتََقعُبَيْنَالْقَارَّتَيِْن ....
5.
a. وَالْمُحِيَْطيِْن
b. آسِيَاوَالْمُحِيَْطيِْناْلهَادِي
c. آسِيَاوَأُسْترَالِيَاوَبَيْنَالْمُحِيَْطيِْناْلِهنْدِيوَاْلهَادِي
d. أُسْترَالِيَاوَالْمُحِيَْطيِْناْلِهنْدِي
e. وَالْمُحِيَْطيِْنفِيآسِيَا
إِنَِّنظَامَالْحُكُوْمَةِالإِنْدُوِْنيْسِيَّةِيَعْتَمِدُعََليالأَحْكَامِ .... . 6
a. النُّوَّاِبيَّةِ
b. الْوَزِيِْريَّةِ
c. السُّلْطَاِنيَّةِ
d. الْقَانُوِْنيَّةِ
e. الرَّئِيْسِيَّةِ
رِضْوَانُ : يَاأَخِي،لِمَاذَاجَاهَدَالأَبَْطالُالإِنْدُوِْنيْسِيُّوْنَِبشَجَاعَةٍ
وَهُمَْلايَخَافُوْنَاْلمَوْتَ؟
سَعِيْدٌ : لأَنَّهُمْيُحِبُّوْنَوََطنَهُمْوَلأَنَّحُبَّ ... مِنَالإِيْمَانِ.
7.
a. الْمَالِ
b. الْوََطِن
c. الِْبَلادِ
d. الدَّوَْلةِ
e. الأَوَْلادِ
مُعْتَِنُقوْاالأَدْيَانِفِيإِنْدُوِْنيْسِيَايَُقوْمُوْنَِبتَعَالِيِْم ... أَحْرَارًاوَيَحْتَِرمُ
بَعْضُهُمْبَعْضًاوَيَتَسَامَحُوْنَفِيمُعَامََلتِِهمُالْيَوْمِيَّةِ.
8.
a. اِعْتِقَادِهِمْ
b. دِيِْنِهمْ
c. إِيْمَاِنِهمْ
d. إِرَادَتِِهمْ
e. عَقِيْدَتِِهمْ
فَائِدَةُاْلبَنكِفِيالشُّئُوْنِالاِقْتِصَادِيَّةِمَايَْأتِيإِلاَّ .... . 10
a. لإِدِّخَالِالنُّقُوْدِ
b. لِتَحِْويِْلالنُّقُوْدِ
c. لاِرْسَالِالنُّقُوْدِ
d. لِبَيِْعالنُّقُوْدِ
e. لِصَرْفِالشِّيَْكاتِ
فِيالْجَامِعَاتُِكلَّيَّاتٌ،وَتَشْمُلُُكلُُّكلَّيَّةٍأَقْسَامًالِتَعْلِيِْمالطُّلاَّبِ
تَعْلِيْمًاأَعَْليفِيالْعُلُوْمِوَ ... وَتَهْتَمُِّبأَعْمَالِالْبُحُوْثِالْعِلْمِيَّةِ.
11.
a. الْفُنُوْنِ
b. بَحْثُالْمَالِ
c. الدَّرَجَةُاْلعُْليَا
d. السِّيَاسَةِ